Usulan Anggaran Pilwali Balikpapan Rp70 Miliar Masih Dikaji

Agar tidak ada duplikasi anggaran

Balikpapan, IDN Times - Pemerintah Kota Balikpapan hingga saat ini masih mengkaji nilai anggaran yang dialokasikan pelaksanaan tahapan Pemilihan Wali Kota Balikpapan tahun 2020.

Sekretaris Daerah Kota Balikpapan mengatakan draft pengajuan anggaran Pemilihan Wali Kota Balikpapan yang diajukan saat ini masih dikaji oleh tim anggaran Pemkot Balikpapan sebelum diajukan ke panitia anggaran legislatif.

“Saat ini masih dikaji dan dibahas oleh AS 1 (Asisten 1), sebelum diajukan ke dewan,” kata Fadly kepada wartawan.

1. Mencegah adanya duplikasi anggaran

Usulan Anggaran Pilwali Balikpapan Rp70 Miliar Masih DikajiIDN Times/Maulana

Total anggaran yang diajukan untuk tahapan persiapan pelaksanaan Pilwali 2020 tercatat mencapai Rp70 miliar yang terdiri dari Rp55 miliar anggaran untuk KPU, Rp11 miliar untuk Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan keamanan senilai Rp4 miliar.

Fadly mengatakan saat ini draft pengajuan yang diajukan oleh KPU Kota Balikpapan masih dalam proses pembahasan di tim anggaran Pemkot Balikpapan.

“Kami masih mempelajari anggaran yang diajukan agar tidak terjadi duplikasi anggaran antara Pemkot Balikpapan dengan KPU Pusat,” terangnya.

Sehingga ia belum bisa merencanakan total anggaran yang akan dibantu oleh Pemkot Balikpapan untuk menyukseskan pelaksanaan Pilwali.

Baca Juga: Jumlah TPS Pada Pilwali Balikpapan 2020 Akan Dikurangi

2. Dana hibah Pilwali akan menyesuaikan alokasi anggaran dari KPU Pusat

Usulan Anggaran Pilwali Balikpapan Rp70 Miliar Masih Dikajipixabay.com/emaji

Fadly menjelaskan pihaknya saat ini masih menunggu rincian anggaran yang akan dialokasikan KPU Pusat untuk pelaksanaan Pilwali di Kota Balikpapan.

Hal itu dilakukan untuk menyesuaikan anggaran yang dialokasikan berdasarkan besaran dana hibah Pemkot Balikpapan, serta untuk menghindari kesalahan alokasi anggaran yang berdampak pada laporan keuangan daerah.

3. Dana hibah Pilwali akan dialokasikan 2 tahap

Usulan Anggaran Pilwali Balikpapan Rp70 Miliar Masih DikajiIDN Times/M.Maulana

Dana sekitar Rp2 miliar dari alokasi anggaran untuk KPU Balikpapan akan dicairkan pada bulan Agustus ini, sesuai dengan jadwal penetapan APBD Perubahan 2019. Anggaran tersebut akan dipergunakan untuk tahapan awal yakni launching Pilwali 2020 yang dijadwalkan dilaksanakan pada September 2019.

Anggaran Pilwali 2020 akan dialokasikan dalam dua tahap yakni untuk anggaran awal launching Pilwali pada APBD Perubahan 2019. Dan sisanya akan dialokasikan pada penyusunan APBD Kota Balikpapan 2020.

“Rencana akan ada dana yang dicairkan pada APBD Perubahan, namun sekarang baru proses pembahasan,” tutur Fadly.

Namun Fadly belum menyebutkan total anggaran pasti yang akan dialokasikan pada APBD Perubahan, karena masih dalam proses pembahasan.

“Saya belum bisa sebut, karena masih dibahas. Intinya saya ulangi jangan sampai ada duplikasi, kami pasti anggarkan,” terangnya.

Menurut Fadly, ketika hasil kajian dari tim anggaran Pemkot selesai maka segera diserahkan ke panitia anggaran legislatif untuk dimasukan dalam agenda pembahasan di DPRD Kota Balikpapan.

“Kalau sudah selesai kajian, nanti akan ditandatangani oleh Pemkot dan DPRD sebagai dana hibah untuk Pilwali “ tambahnya.

Baca Juga: Tahapan Pilwali Balikpapan Bakal Dimulai September 2019

Topik:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya