Comscore Tracker

Kapal Tug Boat dari Banjarmasin Alami Kebocoran di Tengah Laut 

Indikasi kebocoran dari kamar mesin

Banjarmasin, IDN Times - Sebuah kapal Tug Boat Silksita I mengalami kebocoran di tengah perjalanan saat berlayar dari Banjarmasin Kalimantan Selatan menuju Gresik Jawa Timur, Senin (16/5/2022). 

Kapal ini rencananya akan berlayar menuju Gresik dengan menarik tongkang BG Virgo Sejati 266 dengan muatan kosong.

1. Turunkan 13 orang untuk evakuasi para korban

Kapal Tug Boat dari Banjarmasin Alami Kebocoran di Tengah Laut Kapal SAR dikerahkan untuk evakuasi korban (dok.istimewa)

Informasi ini sendiri disampaikan langsung oleh pemilik kapal dan diterima oleh Kantor Pencarian dan Pertolongan Banjarmasin sore tadi.

Atas kejadian tersebut, Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Banjarmasin, Al Amrad pun langsung menginstruksikan untuk menggerakkan alat utama KN SAR Laksmana dengan tim atau POB sebanyak 13 orang agar segera melakukan proses evakuasi terhadap delapan anak buah kapal TB Silksita I tersebut.

Baca Juga: Menanti Langkah DPRD Banjarmasin sebagai Pemohon Judicial Review

2. Tim SAR dalam perjalanan kembali ke dermaga

Kapal Tug Boat dari Banjarmasin Alami Kebocoran di Tengah Laut Ilustrasi Kapal Feri (Kapal Penyeberangan) (IDN Times/Sukma Shakti)

Selama dalam perjalanan menuju lokasi kejadian, SAR terus menerima kabar dari kapten kapal, dan menyebut para ABK telah menyelamatkan diri ke tongkang BG Vorgo yang ditariknya. 

Sementara untuk jarak tempuh Dermaga SAR Basirih Banjarmasin ke TKP berkisar 105 Nautical Mile atau sekitar 195 kilometer. 

"Pukul 19.30 Wita KN SAR Laksmana 241 berhasil mengevakuasi seluruh ABK dari TB tersebut dalam keadaan selamat dan selanjutnya dibawa kembali menuju Dermaga SAR Basirih Banjarmasin," terang Amrad

3. Akan tiba dini hari di Dermaga SAR

Kapal Tug Boat dari Banjarmasin Alami Kebocoran di Tengah Laut Tim SAR yang dikerahkan untuk melakukan penyelamatan (istimewa)

Untuk kondisi para korban, Amrad memastikan semua dalam keadaan selamat. 

Saat ini kapal yang mengangkut para korban juga sedang dalam perjalanan menuju Dermaga SAR.

"Diperkirakan akan tiba sekitar pukul 02.00 Wita," imbuhnya. 

Setelah tiba di Dermaga SAR Basirih Banjarmasin korban akan diperiksa terlebih dahulu oleh perugas medis sebelum akhirnya akan diserahterimakan oleh Basarnas Banjarmasin ke pihak perusahaan PT Virgo Samudera Jaya. 

Baca Juga: Diperkosa Polisi, Mahasiswi Banjarmasin Layangkan Gugatan Perdata 

Topic:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya