Mobil Pribadi Sempat Halangi Laju Ambulans, Kasus Berujung Damai

Berdalih gugup karena mendengar suara sirene

Balikpapan, IDN Times - Beberapa waktu lalu viral sebuah kendaraan pribadi menghalangi laju mobil ambulans yang sedang membawa pasien. Peristiwa itu terjadi di Jalan Strat 3 tepatnya di depan SMK Negeri 2 Balikpapan, Kalimantan Timur (Kaltim). 

Peristiwa tersebut akhirnya berujung dengan perdamaian di Mapolresta Balikpapan, Jumat (1/4/2022) hari ini. Di hadapan polisi kedua pihak yang terlibat memutuskan untuk tak memperpanjang masalah ini. 

1. Jadi pelajaran lebih peduli ketika mendengarkan sirene ambulans

Mobil Pribadi Sempat Halangi Laju Ambulans, Kasus Berujung DamaiKasus berakhir damai (istimewa)

Mediasi tersebut berlangsung sejak pukul 11.00 Wita. Alief, sopir ambulans Puskesmas Sepinggan Baru dengan Ernayanti, pengendara mobil Daihatsu Rocky warna merah nomor polisi KT 1673 YH saling membubuhkan tanda tangan di atas materai sebagai tanda telah berdamai.

Alief mengatakan bahwa dirinya sudah memaafkan Ernayanti. Kejadian ini tentu menjadi pelajaran berharga baginya sekaligus edukasi kepada masyarakat dan pengendara lain agar lebih peduli terhadap sirene ambulans saat berbunyi di jalan.

"Tadi kami buat surat pernyataan, dari ibu itu sudah mengakui kesalahannya dan kami selesaikan masalahnya secara kekeluargaan," terang Alief

Baca Juga: Penimbunan 1,4 Ton Solar Subsidi Dibongkar di Balikpapan dan PPU

2. Mengaku gugup mendengar sirene

Mobil Pribadi Sempat Halangi Laju Ambulans, Kasus Berujung DamaiSopir ambulans Alief dan pengendara Daihatsu Ernayanti saat berdamai di Kantor Satlantas Polresta Balikpapan (Istimewa)

Kejadian menghalangi ambulans itu, dikatakan sebagai ketidaksengajaan. Alief membeberkan pengakuan Ernayanti, yang gugup begitu mendengar bunyi sirene.

Sementara Ernayanti turut mengucapkan permohonan maaf atas kejadian tersebut. Dalam pertemuan mediasi itu, dia juga mengimbau kepada masyarakat agar lebih peduli terhadap ambulans yang melintas saat menyalakan sirene.

"Saya memohon maaf dan mengimbau kepada masyarakat bila mendengar sirene di jalan raya, mohon untuk diberikan prioritas jalan," pungkasnya.

3. Kronologis awal kejadian

Mobil Pribadi Sempat Halangi Laju Ambulans, Kasus Berujung DamaiPotongan video saat mobil Ernayanti menghalangi laju ambulans yang dikemudikan Alief saat hendak mengantar pasien (istimewa)

Sebelumnya dijelaskan Alief, saat itu dirinya hendak mengantarkan pasien diabetes dari kawasan Gunung Samarinda, Balikpapan Utara menuju Rumah Sakit Restu Ibu. Sirene juga dibunyikan karena pasien perlu diantar segera.

Namun sesampainya di Jalan Strat 3, mobil yang dikemudikan Ernayanti tampak menghalangi ambulans. Erna sempat menyalakan lampu sein kiri, namun ia kembali berbelok ke kanan.

Sontak mobil keduanya sempat bersenggolan. Kejadian ini pun langsung viral di media sosial dan menarik perhatian warganet.

Baca Juga: Pemkot Balikpapan Beberkan Dua Solusi untuk Tanjakan Muara Rapak

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya