Pangdam Mulawarman Langsung Tancap Gas, Teruskan Penanganan Pandemik 

"Terima kasih Mayjen TNI Heri Wiranto"

Balikpapan, IDN Times - Panglima Kodam (Pangdam) VI/Mulawarman berganti. Hari ini, Selasa (9/11/2021) seluruh pasukan TNI beserta pegawai PNS Kodam VI/Mulawarman berbaris menyambut kedatangan Pangdam baru, Mayjen TNI Teguh Pudjo Rumekso.

Sekitar pukul 07.55 Wita, Mayjen TNI Teguh yang didampingi istrinya tiba di Makodam. Mereka disambut oleh putra-putri TNI  Kodam VI/Mulawarman secara simbolis dengan kalung dan buket bunga dari pintu gerbang utama markas besar TNI. 

Usai menyampaikan laporan kepada para pasukan, Pangdam bersama istrinya berjalan menuju gedung utama Makodam, diiringi tepuk tangan dan salam sambutan.

1. Apel kehormatan sertijab

Pangdam Mulawarman Langsung Tancap Gas, Teruskan Penanganan Pandemik (IDN Times/Riani Rahayu)

Usai penyambutan secara simbolis tersebut, sekitar pukul 08.18 Wita dilanjutkan apel kehormatan serah terima jabatan (Sertijab) yang dilakukan di lapangan Makodam VI/Mulawarman. Di tengah apel tersebut, Mayjen TNI Heri Wiranto menyampaikan ucapan selamat kepada Pangdam Teguh atas jabatan barunya.

Dirinya berharap dengan kesempatan ini, tugas yang dibebankan kepada Teguh dapat dapat dijalankan dengan baik dan dapat dipertanggungjawabkan.

Dirinya menceritakan, selama kurang lebih 16 bulan dirinya menjabat sebagai Pangdam VI/Mulawarman, Heri banyak melewati masa-masa kebersamaan dengan para prajurit TNI dan dihadapkan pada situasi yang tentunya belum pernah dilalui sebelumnya, yakni adanya pandemik COVID-19. Ia seakan dilatih lebih peduli, dirinya bersama jajaran harus dan segenap stakeholder harus memikirkan cara untuk menekan angka penyebaran COVID-19 di Kaltim. 

"Selama 16 bulan lebih saya menjabat, secara umum kondusif dan bisa kita jalani dengan baik," ujar Heri.

Baca Juga: Prihatin! Dua Remaja Jambret HP Bocah di Gunung Empat Balikpapan

2. Kenang momen Latma Garuda Shield

Pangdam Mulawarman Langsung Tancap Gas, Teruskan Penanganan Pandemik Latihan bersama pasukan Kodam Mulawarman dan US Army di Amborawang Kutai Kartanegara Kalimantan Timur, Kamis (12/8/2021). (IDN Times/Hilmansyah)

Selama dirinya menjabat pula, salah satu momen yang tak terlupakan ialah agenda latihan bersama yang digelar antara tentara Amerika (US Army) dengan TNI. Latihan yang digelar di 3 lokasi di Indonesia, salah satunya Amborawang Kaltim menjadi kesempatan besar bagi TNI menjalin kerja sama cukup dalam dengan US Army. 

Dirinya juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh anggota Kodam VI/Mulawarman.

"(Latma Garuda Shield, red) berjalan lancar. Saya menyampaikan terima kasih dan mohon pamit untuk menjalankan tugas di tempat yang baru," tuturnya.

Sementara itu, Teguh memuji seluruh kinerja dari Pangdam sebelumnya dan berkomitmen akan melanjutkannya. 

3. Fokuskan seluruh jajaran dalam membantu penanganan bencana

Pangdam Mulawarman Langsung Tancap Gas, Teruskan Penanganan Pandemik Jajajran Kodam VI/Mulawarman (IDN Times/Riani Rahayu)

Selain situasi yang masih pandemik COVID-19, tentunya saat akan menjabat nanti, Teguh akan menghadapi banyak situasi dan kondisi lapangan. Salah satunya persoalan yang sering menjadi pembahasan di wilayah Kalimantan soal kebakaran hutan dan lahan.

Hal seperti ini pastinya membutuhkan uluran tangan dari semua pihak sebagai langkah antisipasi.

Untuk itu, pihaknya berupaya lebih efektif dalam mengarahkan koordinasi kepada TNI jajaran di lapangan untuk lebih aktif dalam menggali informasi serta menurunkan bantuannya kepada masyarakat lebih cepat. 

"Sebagai antisipasi deteksi dini dan ini bisa dilakukan oleh satuan TNI bawah seperti Babinsa, Koramil, dan Kodim," ucap Teguh.

Tidak hanya mendeteksi saja, tetapi jika memang benar terjadi, pihaknya juga akan berusaha membantu penunjang dalam meredam ancaman bencana.

Baca Juga: Banjir Lumpur Terjang Pemukiman Warga Balikpapan Kota

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya