Comscore Tracker

Pengerjaan Proses Awal Pembangunan IKN Keluarkan Dana Rp5,3 Triliun 

Dua proyek dasar selesai awal tahun depan

Penajam, IDN Times - Menteri Pengerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengungkapkan nilai anggaran yang dikucurkan untuk pengerjaan pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Diperkirakan dana yang akan disiapkan tahun ini sekitar Rp5,3 triliun dalam proyek multiyears.

"(Anggaran) Sudah ada, tahun ini sekitar Rp4,3 triliun, total sampai 2024 Rp43 triliun, tahun ini Rp5,3 triliun karena multiyears," terang Basuki, saat ditemui di titik Perkemahan Aju Kodam Mulawarwan kemarin, Rabu (22/6/2022).

Basuki mendampingi Presiden Joko "Jokowi" Widodo dalam kunjungan ke lokasi IKN Nusantara di Sepaku Penajam Paser Utara (PPU) Kalimantan Timur (Kaltim). 

1 . Beberapa paket pengerjaan masuk lelang

Pengerjaan Proses Awal Pembangunan IKN Keluarkan Dana Rp5,3 Triliun Sejumlah pekerja menyelesaikan lahan yang akan menjadi lokasi Presiden Joko Widodo berkemah di titik nol kawasan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Minggu (6/2/2022). (ANTARA FOTO/Bayu Pratama S)

Ia menjelaskan, memasuki progres pembangunan kali ini ada beberapa paket pengerjaan yang sudah masuk lelang dan akan dimulai pengerjaannya. Di antaranya pengerjaan jalan, istana presiden, istana wapres, sumbu kebangsaan, kantor-kantor kementerian, rumah-rumah menteri, air minum, pengendalian banjir, dan sanitasi.

"Ini akan kita mulai, insya Allah kalau Juli sudah ada pemenangnya, Agustus kita mulai bekerja," ujarnya.

Diketahui sudah ada dua proyek on going saat ini, yaitu Bendungan Sepaku Semoi dan Intake Bendungan yang diprediksi selesai lebih cepat, yakni awal tahun 2023.

Baca Juga: Kegiatan di IKN, Presiden Kunjungi Titik Nol IKN di Sepaku PPU

2. Memanfaatkan pelabuhan khusus Balikpapan-PPU

Pengerjaan Proses Awal Pembangunan IKN Keluarkan Dana Rp5,3 Triliun Sejumlah bahan kontruksi berada di lokasi segmen tiga di kawasan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Minggu (6/2/2022). (ANTARA FOTO/Bayu Pratama S)

Sementara itu terkait peresmian awal pembangunan, Basuki mengatakan, kegiatan itu akan mengikuti arahan dari presiden.

"Kalau groundbreaking itu bergantung pada pak presiden, yang jelas kami melaporkan sudah mulai kerja, jadi tidak hanya wacana saja," tuturnya.

Sebelumnya, dijelaskan oleh Plt Bupati PPU Hamdan Pongrewa proses pembangunan IKN telah siap. Nantinya pihaknya akan berkoordinasi dan memanfaatkan semua pelabuhan khusus di Balikpapan dan PPU untuk penyaluran logistik pembangunan.

3. Peninjauan bersama pemred media

Pengerjaan Proses Awal Pembangunan IKN Keluarkan Dana Rp5,3 Triliun Presiden Jokowi saat melakukan peninjauan di empat titik IKN Nusantara bersama beberapa Pemred Media (istimewa)

Kemarin, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo bersama beberapa menteri dan pemimpin redaksi (Pemred) media massa melakukan peninjauan progress pembangunan IKN Nusantara di Kaltim.

Dari pantauan, mereka mengunjungi empat titik pengerjaan di Desa Sepaku PPU itu. Dalam kunjungannya itu, Jokowi memastikan IKN Nusantara tetap memerhatikan lingkungan dan berpegang pada konsep forest city yang sejak awal digaungkan.

Baca Juga: Proses Pembangunan Bendungan di IKN Nusantara Sudah 56 Persen

Topic:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya