Ketua RT yang Memanjat Tiang Bendera di Kaltim Diberi Penghargaan

Tali terputus di ujung tiang bendera

Kutai Kartanegara, IDN Times - Lurah Bukit Biru, Kecamatan Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, Miseri memberikan piagam penghargaan kepada Ketua RT 4 Nirmala Azis. Hal itu didapatkan atas aksi Nirmala Azis memanjat tiang bendera pada peristiwa putusnya tali bendera saat  upacara HUT kemerdekaan ke-78 RI.
 
“Piagam ini sebagai bentuk kenang-kenangan atas aksi heroik Ketua RT tersebut memperbaiki tali yang putus di momen yang sakral,” ujar Lurah Miseri di Tenggarong seperti diberitakan Antara pada Jumat (18/8/2023).
 

1. Spontan memanjat

Ketua RT yang Memanjat Tiang Bendera di Kaltim Diberi Penghargaanilustrasi bendera merah putih (commons.wikimedia.org/Arifedisant)

Ia mengaku merasa khawatir saat Ketua RT 4 secara spontan memanjat tiang tersebut lantaran ukuran tiang yang agak kecil, namun kemudian dibantu oleh warga lain memegang tiang bagian bawah agar posisi tiang tetap terjaga.
 
"Sebelum tiang bendera dipanjat Azis, saya sempat menginstruksikan agar direbahkan saja, namun begitu dia naik, warga lain juga sigap menjaga posisi tiang agar tidak terjadi apa-apa," ucap Miseri.
 
Menurutnya, aksi Azis menjadi teladan bagi warga lainnya untuk tetap memegang teguh rasa patriotisme dan nasionalisme.
 
"Begitu dia turun dan tali sudah diperbaiki, peserta upacara ramai bertepuk tangan," imbuhnya.

Baca Juga: Sambut IKN, ASDP Lakukan Pembenahan Pelabuhan Penajam

2. Tali putus di puncak tiang

Ketua RT yang Memanjat Tiang Bendera di Kaltim Diberi PenghargaanIlustrasi upacara bendera di Pegunungan Kendeng. ANTARA FOTO/Yusuf Nugroho

Diceritakannya, peristiwa tersebut terjadi saat angin kencang menggoyang tiang bendera yang berukuran agak kecil. Saat hendak menaikkan bendera merah putih, tali yang menarik bendera langsung putus di puncak tiang.
 
Melihat hal itu, Azis yang juga merupakan salah satu peserta upacara, langsung berinisiatif memanjat tiang bendera dan mengambil tali yang terputus. Lebih lanjut, aksi tersebut langsung disambut meriah oleh peserta upacara, dirinya lantas memberikan ucapan terima kasih kepada yang bersangkutan.

3. Peristiwa yang tak terduga

Ketua RT yang Memanjat Tiang Bendera di Kaltim Diberi Penghargaanilustrasi upacara pengibaran bendera (unsplash.com/mufidpwt)

Miseri mengatakan kegiatan sempat berhenti sebentar untuk memperbaiki tali sebelum upacara dilanjutkan hingga selesai. Ia mengaku tidak menyangka hal itu akan terjadi. Peristiwa seperti itu tidak terduga.
 
“Kami sangat berterima kasih kepada Pak RT yang langsung naik ke tiang bendera. Ini adalah contoh nyata dari rasa cinta tanah air dan gotong royong yang masih hidup di masyarakat kita,” ujar Miseri.

Baca Juga: Antisipasi El Nino, Pemkab Penajam Tambah Stok Pangan

Yerin Shin Photo Community Writer Yerin Shin

Keep happy & healthy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya