Pemprov Kaltim Buka 4.427 Formasi ASN Tahun 2023

Terdiri dari PNS dan PPPK

Samarinda, IDN Times - Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) menyebutkan ada perekrutan 4.427 formasi Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan pemerintah provinsi pada 2023. Terdiri dari Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).
 
“Pada September sudah mulai proses perekrutan, pengumuman, dan sebagainya. Kami masih banyak membutuhkan guru dan tenaga kesehatan,” ujar Kepala BKD Kaltim Deni Sutrisno seperti dikutip dari Antara pada Kamis (17/8/2023).
 
Deni mengatakan formasi ASN itu diperuntukkan pada tiga bidang yaitu guru, tenaga kesehatan, dan tenaga teknis. Semua yang ingin mendaftar diharapkan mempersiapakan diri.

1. Pendaftaran dan tes

Pemprov Kaltim Buka 4.427 Formasi ASN Tahun 2023Ilustrasi CPNS. (ANTARA FOTO/Galih Pradipta)

Proses pendaftaran, menurut Deni, masih ditangani BKD Kaltim. Tapi, pelaksanaan tes dan keputusan kelulusan tes ditentukan pemerintah pusat.
 
“Kami ada panitia seleksi daerah, ada juga panitia seleksi pusat. Kami akan bagi mana wewenang panitia daerah dan pusat,” katanya.

Deni menjelaskan jumlah data pegawai honorer di lingkungan kerja Pemprov Kaltim mencapai 10.886 orang saat ini.  Alokasi formasi yang dibuka pada 2023 sebanyak 4.427 tersebut diharapkan mengurangi beban tenaga honorer di Benua Etam.

Baca Juga: 3 Pria Diamankan Polres Paser, Simpan Sabu dalam Dump Truk

2. Formasi Pemprov Kaltim

Pemprov Kaltim Buka 4.427 Formasi ASN Tahun 2023Ilustrasi Pendaftaran CPNS (IDN Times/Mardya Shakti)

Jumlah formasi yang dibuka itu, lanjut Deni, hanya untuk lingkungan kerja Pemprov Kaltim. Sedangkan lingkup kerja pemerintah kabupaten dan kota akan dilakukan masing-masing.
 
“Karena nanti yang mengurus penggajian mereka adalah pemerintah setempat, sama seperti Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemprov dan kota kabupaten,” tutur Deni.
 
Jumlah total PNS di Kaltim, menurut Deni, mencapai sekira 60 ribu orang, termasuk mereka yang bertugas di 10 kota dan kabupaten.

“Kalau di lingkup provinsi, terdapat sekira 10 ribuan orang. Hanya saja, data itu setiap tahun bisa berubah karena ada pegawai yang pensiun," katanya.

3. Jumlah PNS di Pemprov Kaltim

Pemprov Kaltim Buka 4.427 Formasi ASN Tahun 2023Ilustrasi PNS (ANTARA FOTO/den)

Menurut data BKD Provinsi Kaltim, jumlah pegawai negeri sipil pada Juli 2023 mencapai 10.179 orang yang merupakan pegawai di lingkup kerja pemerintah provinsi.

Dari data itu, sebanyak 1.638 orang merupakan pegawai berstatus PPPK yang terbagi atas 1.192 guru dan 446 tenaga kesehatan.

Baca Juga: Pedagang Miras Ilegal di Samarinda Ditertibkan oleh Satpol PP

Yerin Shin Photo Community Writer Yerin Shin

Keep happy & healthy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya