Polres Paser Tertibkan Penggunaan TNKB Pengendara

Agar kendaraan sesuai dengan TNKB yang terdaftar

Paser, IDN Times - Kepolisian Resor Paser menertibkan penggunaan tanda nomor kendaraan bermotor (TNKB) yang tidak sesuai ketentuan dalam Operasi Patuh Mahakam 2023. Penertiban itu disampaikan Kapolres Paser AKBP Kade Budiayarta melalui Kasat Lantas AKP Toni Joko Purnomo, di Tanah Grogot, Kamis (13/7/2023).

“Dalam Operasi Patuh Mahakam 2023, salah satu pelanggaran yang akan dilakukan tindakan adalah pengunaan TNKB yang tidak sesuai ketentuan. Penggunaan TNKB sesuai aturan menyangkut bahan atau material, ukuran, bentuk dan warna,” kata Toni seperti diberitakan Antara pada Kamis (13/7/2023).

1. Temukan kendaraan tak sesuai dengan TNKB

Polres Paser Tertibkan Penggunaan TNKB Pengendarailustrasi stnk untuk syarat kirm motor via kereta api

Polres Paser, lanjut Toni, banyak menemukan pengendara kendaraan bermotor, baik roda dua maupun roda empat. Terutama yang menggunakan TNKB modifikasi dan tidak sesuai kendaraan yang dikemudikan.

Toni mengimbau masyarakat agar mematuhi ketentuan penggunaan TNKB tersebut. Sehingga bisa semakin tertib administrasi. Kendaraan yang digunakan juga sesuai di dalam keterangan TNKB.

Baca Juga: Satpol PP PPU Amankan PSK Paser yang Mencari Pelanggan secara Daring

2. Berikan edukasi

Polres Paser Tertibkan Penggunaan TNKB Pengendarawuling.id

Satuan Lalu-lintas Polres Paser juga mendatangi para pemilik usaha pencetakan TNKB modifikasi sebagai bagian dari imbauan ketertiban.

“Kami memberikan edukasi dan sosialisasi bahwa TNKB yang dibuat tidak memenuhi spesifikasi bisa dikenakan hukuman jika digunakan masyarakat,” katanya.

3. Pentingnya sopan santun berlalu lintas

Polres Paser Tertibkan Penggunaan TNKB Pengendarailustrasi lalu-lintas yang padat (IDN Times/Gregorius Aryodamar P)

Dalam Operasi Patuh Mahakam 2023, Satuan Lalu lintas Polres Paser menggelar sosialisasi Police Goes To School berupa sosialisasi Kamseltibcar Lantas dan kenakalan remaja ke sekolah-sekolah.

“Materi yang disosialisasikan antara lain sopan santun dalam berlalu lintas, kenakalan remaja, serta bahaya narkoba,” katanya.

Baca Juga: Keroyok Pengunjung Kafe, Tiga Warga IKN Dibekuk Polisi di PPU 

Yerin Shin Photo Community Writer Yerin Shin

Keep happy & healthy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya