17 Tahun Beroperasi di Balikpapan, Kantor ACT Tutup 

Izinnya dicabut Kementerian Sosial

Balikpapan, IDN Times - Kantor Aksi Cepat Tanggap (ACT) di Balikpapan Kalimantan Timur (Kaltim) hampir sepekan terakhir sudah berhenti operasi. Lembaga pengumpul donasi masyarakat beralamat di Kompleks Ruko Haryono Palace di Jalan MT Haryono Balikpapan ini tampak lengang dari segala aktivitas. Gerbangnya tertutup dan tidak terlihat satu pun petugas ACT di tempat. 

"Mereka sudah tidak ada aktivitas di kantornya," kata Plt Kepala Dinas Sosial Balikpapan Mufidah Hayati saat ditemui IDN Times, Jumat (15/7/2022). 

1. Secara lisan memberitahukan penghentian aktivitas kantor

17 Tahun Beroperasi di Balikpapan, Kantor ACT Tutup Mantan Ketua Dewan Pembina Aksi Cepat Tanggap (ACT) Ahyudin. (ANTARA/HO-ACT)

Mufidah mengatakan, perwakilan ACT di Balikpapan secara lisan sudah memberitahukan menghentikan seluruh aktivitas mereka kepada Dinas Sosial setempat. Khususnya setelah Kementerian Sosial secara resmi mencabut izin lembaga sosial pengumpul donasi masyarakat ini. 

"Mereka sudah mengatakan tidak beroperasi lagi sejak izinnya dicabut," paparnya. 

Seperti diketahui, lembaga ini disebut-sebut dianggap menyalahi peruntukan sebagai badan sosial demi kepentingan pribadi pihak pengelola. Bahkan, dana donasi masyarakat diduga sebagian dipergunakan untuk kepentingan politik golongan tertentu hingga pembiayaan aksi terorisme. 

Pihak Polri sudah memeriksa para pimpinan ACT di Jakarta atas tuduhan memberatkan ini. 

Baca Juga: Zona Merah Pandemik COVID-19, PTM Balikpapan Tetap 100 Persen

2. Sudah berdiri sejak tahun 2005

17 Tahun Beroperasi di Balikpapan, Kantor ACT Tutup Paket bantuan ACT selama Ramadan 1443 Hijriah (dok. ACT)

Di sisi lain, Mufidah tidak menyangka, pihak ACT sampai disebutkan sudah menyelewengkan dana sosial masyarakat bukan pada keperluannya. Sejak berdiri tahun 2005 silam di Balikpapan, menurutnya, keberadaan ACT cukup berkontribusi dalam memberikan bantuan bencana pada masyarakat.

Terutama di saat terjadi bencana alam menimpa masyarakat di Kaltim.

"Selama ini mereka selalu sigap membantu bila ada bencana, seperti banjir, kebakaran, dan lainnya. Setidaknya, mereka selalu siap dengan kebutuhan sembako masyarakat," paparnya. 

Meskipun ACT juga tidak berkoordinasi langsung dengan Dinas Sosial Balikpapan dalam kaitan penggalangan dana. Selama ini, mereka sekadar memberitahukan tentang berbagai kampanye penggalangan dana di Balikpapan.

"Secara kelembagaan, kami tidak pernah bekerja sama dengan ACT. Kami tidak tahu secara mendalam tentang ACT ini," ungkap Mufidah. 

3. ACT kerap bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan besar di Balikpapan

17 Tahun Beroperasi di Balikpapan, Kantor ACT Tutup Kantor lembaga sosial dan kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT) Jawa Tengah di Jalan Rinjani No 119C, Bendungan, Kecamatan Gajahmungkur, Kota Semarang. (IDN Times/Anggun Puspitoningrum)

Kantor perwakilan ACT sudah berdiri hampir 17 tahun di Balikpapan. Selama beroperasi di Balikpapan, mereka sudah menjalin kerja sama dengan sejumlah perusahaan besar setempat. 

Salah seorang di antaranya yang enggan disebutkan namanya mengatakan, perusahaannya kerap menyalurkan dana bantuan sosial lewat perantaraan ACT di Balikpapan. Seperti saat terjadi bencana banjir di Kalimantan Selatan maupun yang menimpa Sulawesi Selatan setahun lalu. 

Nilai bantuan yang diserahkan pun terbilang besar. 

Meskipun begitu, ia menolak memberikan keterangan resmi soal kerja sama dengan ACT ini kepada publik. Ia mengaku khawatir, pemberitaan tersebut nantinya akan berdampak negatif pada kelangsungan perusahaannya. 

Apalagi kasus ACT ini sudah masuk dalam proses penyidikan pelanggaran kriminal di Polri.  

Sementara itu, IDN Times sudah berusaha menghubungi pihak Kantor Perwakilan ACT di Balikpapan. Salah seorang koordinator ACT Balikpapan bernama Andy enggan berbicara banyak soal kisruh lembaga sosial ini. 

Ia pun menyarankan agar jurnalis mengonfirmasi pemberitaan kepada pihak ACT Pusat. 

"Silakan saja hubungi pihak PIC ACT Pusat," katanya singkat. 

Baca Juga: Anak Muda Relawan di Balikpapan Deklarasi Dukung Ganjar Pranowo 

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya