Angin Kencang Menyebabkan Kerusakan Fasilitas Publik di Tanjung Selor

Pohon tumbang di ruang terbuka hijau

Tanjung Selor, IDN Times - Angin kencang disertai petir melanda Tanjung Selor, Bulungan Kalimantan Utara (Kaltara), Sabtu (15/7/2023) petang dan menyebabkan sejumlah kerusakan fasilitas publik dan ruang terbuka hijau.

Angin kencang berlangsung pukul 18.00 hingga 18.25 WITA. Sejumlah masyarakat melaporkan pohon tumbang di beberapa titik. Antara lain Jalan Agatis dan Jalan H Maskur.

1. Kerusakan fasilitas ruang ATM Bank Kaltimra Tanjung Selor

Angin Kencang Menyebabkan Kerusakan Fasilitas Publik di Tanjung SelorIlustrasi bangunan rusak akibat angin kencang. ANTARA FOTO/Siswowidodo

Kencangnya tiupan angin juga menyebabkan kerusakan fasilitas ruang Anjungan Tunai Mandiri (ATM) di Kantor Bank Pembangunan Daerah (BPD) Kaltimtara Cabang Tanjung Selor di Jalan Jelarai Raya, yakni kaca ruangan pecah.

Angin kencang juga dirasakan warga Kecamatan Tanjung Palas. Dari video kiriman warga, sejumlah bendera umbul-umbul yang terpasang di salah satu pusat kegiatan massa di Jalan Kasimuddin, tampak tumbang.

Baca Juga: Sakit Hati, Pria di Bulungan Bacok Pria yang Dekati Istri Sirinya 

2. BMKG Stasiun Tanjung Harapan mengeluarkan peringatan dini

Angin Kencang Menyebabkan Kerusakan Fasilitas Publik di Tanjung SelorIlustrasi prediksi cuaca BMKG (IDN Times/bmkg.go.id)

BMKG Stasiun Tanjung Harapan, Tanjung Selor telah mengeluarkan peringatan dini cuaca di wilayah Kaltara, yang berpotensi terjadi hujan sedang hingga intensitas lebat disertai kilat dan angin kencang.

“Waspada angin kencang pukul 17.30 WITA di Bulungan,” kata Prakirawan BMKG Tanjung Harapan, Khafidzo Rakhmah di Tanjung Selor.

Potensi angin kencang tersebut juga berlaku untuk daerah Kabupaten Tana Tidung dan Kota Tarakan.

“Kondisi diperkirakan masih akan berlangsung hingga pukul 21.30 WITA,” ujar dia.

3. Risiko tinggi keselamatan pelayaran

Angin Kencang Menyebabkan Kerusakan Fasilitas Publik di Tanjung SelorIlustrasi gelombang tinggi (IDN Times/Mardya Shakti)

Selain kondisi di darat, BMKG juga mengingatkan potensi risiko tinggi terhadap keselamatan pelayaran perahu nelayan, kapal tongkang, kapal feri dan kapal ukuran besar seperti kargo dan pesiar.

Tinggi gelombang di perairan Kaltara, pada arah arah angin Tenggara ke Barat Daya diperkirakan 2 - 20 knots dengan tinggi gelombang 1,25 sampai 2,50 meter.

Baca Juga: BNNP Kaltim Ungkap Transaksi Narkotika di Salah Satu Kafe di Samarinda

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya