Awas, Komplotan Tim Buser Gadungan Beraksi di Kalsel

Pelaku merampas kendaraan dan uang korban 

Banjarmasin, IDN Times - Tim Khusus (Timsus) Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Kalimantan Selatan (Kalsel) menangkap komplotan pemeras yang mengaku Tim Buser gadungan untuk menakut-nakuti korban.

"Komplotan ini mengaku sebagai anggota Buser dengan nama Team Kumba," kata Direktur Reskrimum Polda Kalsel Komisaris Besar Pol Hendri Budiman diberitakan Antara di Banjarmasin, Minggu (4/6/2023). 

1. Korban mengalami kerugian puluhan juta rupiah

Awas, Komplotan Tim Buser Gadungan Beraksi di KalselMata uang Rupiah (ANTARA FOTO/SIGID KURNIAWAN)

Kawanan penjahat ini diburu polisi setelah salah satu korban pemerasan SF (30)  melapor ke Polsek Liang Anggang jajaran Polres Banjarbaru.

Pada Minggu (21/5), korban SF menuturkan didatangi sekelompok orang di kediamannya kawasan Landasan Ulin, Banjarbaru dengan mengaku sebagai pemilik mobil dari kendaraan yang digadai korban.

Lantaran di bawah ancaman untuk dipidanakan hingga kekerasan fisik dan dalam kondisi tangan diborgol, korban menyerahkan uang puluhan juta kepada pelaku.

Baca Juga: Polres PPU Membekuk Kurir Sabu Lintas Provinsi Kaltim-Kalsel

2. Polisi meringkus komplotan Tim Buser gadungan

Awas, Komplotan Tim Buser Gadungan Beraksi di KalselIlustrasi napi di penjara (IDN Times/Mardya Shakti)

Menerima laporan korban pada Jumat (2/6), selanjutnya anggota Unit Reskrim Polsek Liang Anggang dibantu Timsus Ditreskrimum Polda Kalsel bergerak untuk mengejar para pelaku.

Hasilnya, petugas gabungan meringkus empat tersangka, yaitu MA (43), ES (33), HD (35) dan MW (33) di Kota Banjarbaru dan Kabupaten Banjar.

Dari tangan tersangka, polisi menyita dua borgol besi yang kerap digunakan saat beraksi serta dua mobil sebagai sarana termasuk satu unit mobil yang menjadi objek gadai.

3. Pelaku lainnya masih dalam pengejaran

Awas, Komplotan Tim Buser Gadungan Beraksi di KalselIlustrasi Curanmor (IDN Times/Sukma Shakti)

Hendri menyebut masih ada tiga pelaku lainnya dalam pengejaran dengan identitas sudah dikantongi petugas.

"Kami imbau untuk segera menyerahkan diri secara baik-baik daripada diambil tindakan tegas terukur jika tertangkap anggota saya di lapangan," ucap Hendri.

Dari hasil pengakuan sementara tersangka yang sudah tertangkap, komplotan tersebut sudah beberapa kali melakukan aksi serupa dengan beragam modus.

Salah satunya ada korban seorang ibu di Kabupaten Hulu Sungai Selatan yang mengalami perampasan sepeda motor dan uang tunai Rp30 juta.

Baca Juga: Kalsel Kampanye untuk Menghentikan Kekerasan pada Anak

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya