Bulog Paser Siapkan Pasokan Stok Beras 700 Ton Jelang Puasa Ramadan

Memastikan kelancaran ibadah masyarakat

Paser, IDN Times - Kantor Seksi Logistik Tanah Grogot Kabupaten Paser  menyiapkan stok 700 ton beras cadangan untuk kebutuhan masyarakat setempat menjelang bulan puasa Ramadan.

"Masing-masing 300 ton untuk Paser dan 300 ton untuk Kabupaten Penajam paser Utara (PPU),"  kata Kepala Kansilog Tanah Grogot M Radhy Ansari diberitakan Antara di Tanah Grogot, Selasa (31/1/2023).

1. Beras serapan petani tersedia Maret atau awal April

Bulog Paser Siapkan Pasokan Stok Beras 700 Ton Jelang Puasa RamadanPetani merontokkan bulir padi saat panen raya padi. (ANTARA FOTO/Arif Firmansyah)

Dia memperkirakan beras serapan petani baru tersedia pada akhir Maret atau awal April dikarenakan pada periode tersebut masa paceklik atau belum memasuki masa panen.

“Sehingga di awal puasa biasanya beras tidak banyak beredar. Akibatnya harga beras naik. Makanya perlu ada cadangan beras untuk mencegah  kenaikan harga,” kata Radhy.

Ia mengatakan, upaya stabilisasi harga, pihaknya akan menggelar operasi pasar di beberapa kecamatan di Kabupaten Paser dan Penajam paser Utara. "Kami akan berkoordinasi dengan Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) untuk operasi pasar ini, " katanya.

Baca Juga: Pilkades Serentak di Penajam Paser Utara akan Dipercepat

2. Bulog Paser memasok beras toko modern

Bulog Paser Siapkan Pasokan Stok Beras 700 Ton Jelang Puasa Ramadanilustrasi petani menanam padi di area persawahan. (ANTARA FOTO/Arnas Padda)

Menurutnya, Bulog Paser saat ini sudah memasok beras ke toko-toko modern, pasar tradisional dan Rumah Pangan Kita (RPK) yang merupakan mitra Bulog yang tersebar di desa-desa.

Beras yang dipasok yaitu beras medium yang dijual ke produsen dengan harga Rp8.600 per kilogram (bagi pembeli langsung ke gudang), dan diperbolehkan dijual kembali dengan harga eceran tertinggi (HET)  sesuai ketetapan pemerintah sebesar Rp9.950 per kilogram.

3. Bulog memasok beras medium

Bulog Paser Siapkan Pasokan Stok Beras 700 Ton Jelang Puasa RamadanKementerian Pertanian (Kementan) telah mengalokasikan bantuan benih padi untuk mengurangi kerugian petani akibat banjir yang merendam puluhan hektare lahan padi di Kabupaten Sergai akibat luapan sungai. (Dok. Kementan)

Radhy menuturkan pada periode Januari 2023 pihaknya sudah memasok beras medium sebanyak 70 ton, supaya beras di masyarakat tetap tersedia.

Lanjutnya, sambil menunggu pasokan beras cadangan untuk bulan puasa, maka Bulog telah mempersiapkan pasokan komoditi lain seperti gula, minyak dan daging.

"Nanti saat musim panen tiba, Bulog segera membelinya dari petani lokal , seperti  beras dari petani di Long Kali, Long Ikis, dan Babulu," katanya.

Baca Juga: DPRD Samarinda Merumuskan Perda  Minuman Alkohol pada 2023

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya