Bupati Kotabaru Kerja Sama Tol Laut dengan Bupati Mamuju 

Mendongkrak perekonomian di Kotabaru

Kotabaru, IDN Times - Bupati Kotabaru Kalimantan Selatan (Kalsel) Sayed Jafar, dan Bupati Mamuju, Sulawesi Barat, Siti Sutinah, menjalin kerja sama tol laut untuk meningkatkan perekonomian daerah.

"Kesepakatan yang dituangkan dalam perjanjian merupakan bentuk upaya pemerintah daerah meningkatkan perekonomian  di wilayah tersebut," kata Bupati Kotabaru Sayed Jafar di Sulawesi Barat diberitakan Antara, Jumat (3/2/2023). 

1. Hubungan kerja sama di bidang transportasi laut

Bupati Kotabaru Kerja Sama Tol Laut dengan Bupati Mamuju Situs Resmi PT Pelayaran Nasional Indonesia (persero)

Menurut dia, meningkatkan hubungan kerja sama di bidang transportasi laut antar pelabuhan adalah sebagai upaya peningkatan ekonomi di masing-masing daerah.

Dia berharap, tindak lanjut pembangunan pada tahap pemantapan agar bisa dilakukan di kedua belah pihak sehingga segera dapat dioperasikan dengan mengatur rincian dan mekanisme kerja yang dianggap perlu.

Baca Juga: Walhi Kalsel Mendesak Pemerintah Kaji Ulang Izin Tambang dan Sawit

2. Pertumbuhan ekonomi bagi kedua daerah

Bupati Kotabaru Kerja Sama Tol Laut dengan Bupati Mamuju Kapal Tol Laut KM Logistik Nusantara 4. (dok. Kemenhub)

Sementara itu, Bupati Mamuju Sitti Sutinah menyampaikan, dengan ditandatanganinya memorandum of understanding (MoU) beberapa waktu lalu akan berdampak tumbuhnya ekonomi di kedua daerah.

"Akan segera kita lakukan pembangunan sarana agar manfaatnya bisa dimaksimalkan, dan nantinya berdampak pada pengembangan ekonomi antarwilayah dengan terbukanya akses transportasi laut," kata Sitti Sutinah.

Menurut dia, dengan terbukanya koneksi antarpulau akan terjadi mobilitas manusia, dan barang yang memiliki nilai ekonomi dari berbagai komoditas yang saling melengkapi.

3. Pelabuhan di Kabupaten Mamuju menopang kelancaran transportasi

Bupati Kotabaru Kerja Sama Tol Laut dengan Bupati Mamuju KM Kendhaga Nusantara 12 melayani trayek tol laut T-30 dari Surabaya, Jawa Timur. (dok. Kemenhub)

Kabupaten Mamuju sudah mempunyai sarana pelabuhan yang siap menopang kelancaran transportasi penumpang maupun barang di Pelabuhan Belang-Belang yang lokasinya di Kecamatan Kalukku. 

"Selain di Kalukku, Pelabuhan Kasiwa juga bisa dipergunakan untuk sandar feri maupun kapal angkutan yang lainnya," katanya.

Sutinah berharap, kerja sama di bidang transportasi jalur laut ini nantinya dapat mempermudah masyarakat untuk mendapatkan bahan pangan serta dapat menunjang Pembangunan Ibu Kota Negara (IKN), yang nantinya akan dibangun di Kalimantan.

Baca Juga: Kalsel Melirik Pasar Kopi dengan Meningkatkan Inovasi Bang Kodim

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya