Buronan Filipina Hilang saat Melompat dari Speedboat di Bulungan   

Korban masih dalam pencarian

Tarakan, IDN Times - Seorang laki-laki warga negara Filipina bernama Michael (50) lompat dari kapal kayu cepat atau speedboat di sekitar Perairan Pulau Tias, Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara (Kaltara), Senin (6/11/2023).

"Basarnas Tarakan menerima informasi pada pukul 13.15 WITA yang melaporkan bahwa telah terjadi kecelakaan kapal man overboard dari speedboat di perairan Tanjung Selor," kata Kepala Operasional dan Kesiagaan Basarnas Tarakan Dede Hariana diberitakan Antara di Tarakan, Senin (6/11/2023).

1. Korban merupakan buronan berhasil ditangkap

Buronan Filipina Hilang saat Melompat dari Speedboat di Bulungan   Ilustrasi tahanan (dok IDN Times)

Michael merupakan buronan yang telah ditangkap, kemudian di tengah jalan korban melompat dari kapal kayu cepat pada koordinat 2°57'20.94"N 117°43'16.38"E.

"Saat ini, satu tim Basarnas Tarakan sudah diberangkatkan dan berkoordinasi dengan potensi di lapangan," kata Dede.

Baca Juga: Personel TNI Jadi Korban Tewas di Tambang Emas Ilegal Bulungan

2. Peralatan tim SAR mencari korban

Buronan Filipina Hilang saat Melompat dari Speedboat di Bulungan   Petugas Kantor SAR Medan membantu evakuasi mobil yang terlibat kecelakaan beruntung di jalur Tol Medan-Tebing Tinggi, Rabu (25/12) malam (Dok. SAR Medan)

Dengan membawa sarana yang digunakan D-Max, satu unit RIB, peralatan medis satu set, peralatan komunikasi dan aqua eye.

"Saat ini, cuaca cerah berawan, dengan arah angin Tenggara-Barat Daya, kecepatan angin 3-15 knot dan tinggi gelombang 0,1-0,5 meter.

3. Jalur transportasi sungai di Kaltara

Buronan Filipina Hilang saat Melompat dari Speedboat di Bulungan   Jasa transportasi perahu kelotok di Kampung Baru Balikpapan Kalimantan Timur. (IDN Times/Hilmansyah)

Provinsi Kaltara wilayahnya saling terpisah oleh perairan sungai dan lautan, di antaranya Bulungan, Malinau, Nunukan, Tarakan, dan Tana Tidung. Jalur transportasi sungai menjadi alternatif pilihan utama menghubungkan antara kota dan kabupaten di Kaltara. 

Jarak satu kota dengan lainnya membutuhkan waktu tempuh 2 hingga 3 jam. 

Baca Juga: Polresta Bulungan Fokus Amankan Objek Wisata selama Liburan Ramadan

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya