Gubernur Kaltim akan Dampingi Warganya yang Terima Kalpataru

Warga yang berjasa merintis kelola lingkungan

Samarinda, IDN Times - Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) Isran Noor akan mendampingi Jidan, Ketua Masyarakat Hukum Adat Mului, Desa Swan Slutung, Kecamatan Muara Komam, Kabupaten Paser. Warga ini menerima penghargaan Kalpataru dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang akan diserahkan langsung Wakil Presiden RI KH Ma'ruf Amin.

"Menurut catatan kami antara sepuluh sampai dua belas kali, masyarakat Kaltim menerima penghargaan Kalpataru sejak tahun 1980, dan terakhir kali tahun 2017 diterima Agus Bei dari Balikpapan, yang merupakan sosok yang aktif dalam pelestarian hutan mangrove di Balikpapan sejak 2001," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kaltim EA Rafiddin Rizal dalam akun Instagram Pemprov Kaltim, Selasa (19/7/2022).

1. Warga Kaltim yang berjasa dalam penyelamatan lingkungan

Rafiddin Rizal mengatakan, penghargaan Kalpataru dari Kementerian LHK untuk masyarakat Kaltim yang berjasa dalam merintis, mengabdi, serta mengelola lingkungan hidup dan kehutanan, sudah yang ke sekian kalinya.

Setelah jeda beberapa tahun, lanjut Rafiddin tahun 2022 ini, kembali warga Benua Etam menerima penghargaan Kalpataru yang diwakili Ketua MHA dari Paser.

Baca Juga: Pengunjung Lapas Samarinda Selundupkan Sabu dalam Daging Gulai

2. Penyerahan penghargaan Kalpataru dalam rangka Hari Lingkungan Hidup

Gubernur Kaltim akan Dampingi Warganya yang Terima KalpataruAnugerah Lingkungan Program Kinerja Penilaian Peringkat Perusahaan Dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup 2021 (Proper 2021) peringkat Proper Emas di Istana Wakil Presiden RI Jakarta (Dok. Pertamina)

Memang tiap tahun, lanjut Rafiddin ada penyerahan penghargaan Kalpataru dalam rangka Hari Lingkungan Hidup, kepada orang untuk kategori perintis lingkungan, pengabdi lingkungan, penyelamat lingkungan dan pembina lingkungan.

"Tahun 2022 ini, kita usulkan ada sembilan calon penerima Kalpataru, dari sembilan itu yang beruntung mendapatkan penghargaan dari presiden adalah Ketua Masyarakat Hukum Adat Mului, Desa Swan Slutung, Kecamatan Muara Komam, Kabupaten Paser Provinsi Kaltim," tandasnya.

3. Masyarakat Kaltim sadar pentingnya kelestarian lingkungan hidup

Gubernur Kaltim akan Dampingi Warganya yang Terima KalpataruMitra Binaan Pertamina Raih Dua Kalpataru dalam Pengelolaan Sampah. Foto Pertamina

Penghargaan Kalpataru yang diterima Ketua MHA Mului, menurut Rafiddin, menjadi bukti bahwa masyarakat Kaltim sadar pentingnya kelestarian lingkungan hidup dan kehutanan. Sekaligus pengakuan dan apresiasi terhadap perorangan maupun kelompok masyarakat yang secara aktif memelihara kearifan lokal dalam menjaga lingkungan.

"Keberhasilan MHA Mului menerima Kalpataru, menjadi bukti masyarakat Kaltim peduli terhadap kelestarian lingkungannya, dan menyelamatkan fungsi hutan di Dusun Mului yang juga berada di kawasan Hutan Lindung Gunung Lumut," ujarnya.

Penganugerahan penghargaan Kalpataru tahun 2022 dan Nirwasita Tantra tahun 2021, oleh Wakil Presiden RI KH Ma’ruf Amin akan digelar Ruang Auditorium Dr Soedjarwo, Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta, Rabu 20 Juli 2022.

Baca Juga: Sidak SPBU di Samarinda, Polisi Amankan Enam Motor Modifikasi

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya