Gubernur Kaltim Mengapresiasi Prestasi Kota Bontang dan Kukar 

Prestasi keberhasilan PTSL dan BPHTB

Samarinda, IDN Times - Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) Isran Noor mengucapkan selamat dan apresiasi kepada Bontang menjadi kota lengkap di Indonesia. Menerapkan Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).

Di mana PTSL menjadi program yang diprioritaskan pelaksanaannya akan membantu dalam perencanaan pembangunan secara nasional ke depan.

“Saya baru tahu hari ini, kalau Bontang di Kaltim menjadi kota lengkap PTSL di Republik Indonesia ini. Ya it's very very amazing," katanya dalam akun Instagram Pemprov Kaltim, Kamis (15/12/2022). 

Isran mendapatkan aplaus dari seluruh peserta Rakerda BPN Kaltimtara dalam evaluasi kinerja tahun 2022 dan penyusunan rencana aksi BPN Kaltimtara 2023 di Ballroom Hotel Mercure Samarinda. 

1. Informasi berdasarkan laporan dari BPN

Isran mengatakan informasi tersebut berdasarkan laporan dari Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional (BPN). 

"Kenapa Kanwil BPN baru lapor hari ini. Itu luar biasa, saya kan bisa bangga-banggakan ke mana-mana," sambungnya.

Dari sekian kota yang dicanangkan, lanjut Isran, Kota Bontang sukses sebagai kota lengkap menerapkan Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap. Pada Januari mendatang, Menteri Agraria Tata Ruang (ATR)/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Hadi Tjahjanto akan bisa meresmikan.

"Saat peresmiannya nanti saya harus ikut Pak Kakanwil BPN," pesannya. 

Baca Juga: Pemkot Samarinda Kucurkan Rp5 Miliar untuk Mempercantik Trotoar

2. Kabupaten Kutai Kartanegara memiliki prestasi yang luar biasa

Gubernur Kaltim Mengapresiasi Prestasi Kota Bontang dan Kukar Tenggarong, ibu kota Kutai Kartanegara saat diambil potret dari ketinggian. Terlihat Jembatan Kutai Kartanegara megah membelah Sungai Mahakam (IDN Times/Yuda Almerio)

Selain Kota Bontang, lanjut mantan Bupati Kutai Timur itu, Kabupaten Kutai Kartanegara juga memiliki prestasi yang luar biasa dengan pembebasan BPHTB (Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan).

"Saya tahu baru sekarang ini, mudah-mudahan capaian prestasi Bontang dan Kutai Kartanegara bisa menjadi motivasi bagi daerah lainnya untuk terus meningkatkan kinerjanya khususnya dalam pelayanan kepada masyarakat," harapnya.

3. Kutai Kartanegara satu-satunya kabupaten di Kaltim sudah membebaskan BPHTB

Gubernur Kaltim Mengapresiasi Prestasi Kota Bontang dan Kukar Gubernur Kaltim Isran Noor saat meresmikan rumah yang dapat asupan listrik gratis di Dusun Tani Bahagia, Desa Batuah, Kecamatan Loa Janan, Kabupaten Kutai Kartanegara (IDN Times/Yuda Almerio)

Sementara, Kepala Kantor Wilayah BPN Kaltim-Kaltara Asnaedi mengatakan, Kutai Kartanegara merupakan satu-satunya kabupaten di Kaltim yang telah membebaskan BPHTB. 

Sehingga masyarakat kabupaten itu tidak terbebani lagi BPHTB dalam rangka PTSL, yang merupakan program dari Badan Pertanahan Nasional untuk pendaftaran pembuatan sertifikat tanah bagi masyarakat.

“Kota lengkap adalah Kota Bontang, Insya Allah dalam waktu dekat ini akan dideklarasikan langsung oleh Menteri Agraria Tata Ruang (ATR)/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Hadi Tjahjanto,” ungkap Asnaedi.

4. Pendaftaran tanah daerah lain di Kaltim

Gubernur Kaltim Mengapresiasi Prestasi Kota Bontang dan Kukar Presiden Jokowi bersama Gubernur Kaltim Isran Noor saat meninjau kawasan bakal IKN yang berkontur pegunungan. (IDN Times/ Istimewa)

Ditambahkan, pendaftaran tanah lengkap yang terakhir nanti pendaftaran kabupaten lengkap adalah Malinau, Paser, Kutai Kartanegara, Berau dan Kutai Barat, ini terkait geografis yang sangat luas dan kualitas data yang akan ditingkatkan terus.

“Penyiapan kabupaten lengkap di tahun 2023, sehingga seluruh kabupaten sudah lengkap. Dan tahun 2024 masuk ke pendaftaran tanah kota dan kabupaten lengkap, sehingga pada tahun 2025 semuanya sudah dideklarasikan menjadi kabupaten dan kota lengkap secara nasional,” tandas Asnaedi. 

Baca Juga: Edarkan Sabu Seberat 1 Kg di Samarinda, Warga Makassar Dibekuk Polisi

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya