Pemkot Samarinda Kucurkan Rp5 Miliar untuk Mempercantik Trotoar

Alokasi bantuan keuangan Provinsi Kaltim

Samarinda, IDN Times - Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) menganggarkan sebesar Rp5 miliar untuk pekerjaan mempercantik infrastruktur trotoar di beberapa ruas jalan.

“Anggaran untuk pekerjaan trotoar itu sekitar Rp5 miliar berasal dari Bantuan Keuangan (Bankeu) Provinsi Kaltim,” kata Kepala Dinas PUPR  Kota Samarinda Desy Damayanti diberitakan Antara di Samarinda, Senin (12/12/2022).

1. Lokasi trotoar di Samarinda yang akan dipercantik

Pemkot Samarinda Kucurkan Rp5 Miliar untuk Mempercantik TrotoarRevitalisasi trotoar di kawasan Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat (24/10/2022). (IDN Times/Deti Mega Purnamasari)

Beberapa  trotoar yang akan dipercantik  di antaranya  di ruas Jalan Basuki Rahmat, Jalan Agus Salim, Jalan Bhayangkara, Jalan Pahlawan, dan sekitarnya. Ia mengatakan, pekerjaan mempercantik trotoar tersebut dilaksanakan bertahap.

Sebab anggaran yang ada baru setengah dari dana yang dibutuhkan sebesar Rp10 miliar. Dana tersebut akan dimaksimalkan sesuai pagu anggaran.

Baca Juga: Kebakaran di Loa Janan Samarinda Seberang Hanguskan Puluhan Rumah

2. Mempercantik tampilan di sekitar sentral kota

Pemkot Samarinda Kucurkan Rp5 Miliar untuk Mempercantik TrotoarSeorang warga sedang berjalan kaki di trotoar Jalan Raya Margonda, Kota Depok (IDN Times/Dicky)

Menurutnya, paling tidak mempercantik tampilan di sekitar sentral kota dulu. Seperti pengecatan, pengadaan kursi dan penataan taman di sekitar trotoar. Jalan protokol yang akan dipercantik  layaknya trotoar di Jalan Kusuma Bangsa yang memiliki lebar kurang lebih 3 meter.

Desy  mengemukakan,  saat ini pihaknya masih dalam proses asistensi penganggaran dan mematangkan secara detail kegiatan tersebut  serta akan  dikoordinasikan dengan bidang terkait untuk tindak lanjut pekerjaan peningkatan trotoar.

3. Permintaan Wali Kota Samarinda untuk mempercantik kota

Pemkot Samarinda Kucurkan Rp5 Miliar untuk Mempercantik TrotoarIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Lanjutnya, rencana kegiatan itu adalah permintaan langsung dari Wali Kota Samarinda dalam menata tampilan Kota, tujuannya adalah ingin menjadikan Samarinda sebagai wajah dari Ibu Kota Nusantara (IKN).

"Sebagai  Ibu Kota Kaltim, Samarinda harus tampil bagus sebagai wajah  Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara," kata Desy.

Baca Juga: Harga Bahan Pokok di Samarinda Stabil Jelang Natal dan Tahun Baru

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya