HUT TNI Juga Digelar di Pangkalan Laut Perbatasan dengan Malaysia

Selurun unsur matra TNI hadir dalam perayaan

Balikpapan, IDN Times - Pasukan TNI menggelar hari ulang tahun (HUT) ke 76 di Markas Komando Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) XIII di Tarakan Kalimantan Utara (Kaltara), Selasa (5/10/2021). Pangkalan laut ini berbatasan langsung dengan negara tetangga jiran Malaysia. 

Turut hadir seluruh unsur matra TNI dari unsur laut, udara, dan darat. Wagub Kaltara Yansen TP juga turut hadir bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kaltara. 

"Selama ulang tahun ke 76 bagi TNI. Dalam usia 76 tahun, TNI masih bekerja keras menjaga kedaulatan negara di seluruh wilayah termasuk pula di Kaltara," paparnya dalam sambutannya. 

1. Penjaga perbatasan Indonesia-Malaysia

HUT TNI Juga Digelar di Pangkalan Laut Perbatasan dengan MalaysiaPeringatan HUT TNI di Pangkalan Utama TNI AL di Tarakan Kalimantan Utara. Foto istimewa

Yansen mengapresiasi komitmen TNI menjaga kedaulatan seluruh wilayah bangsa. Termasuk pula menjaga keamanan dan ketertiban di Kaltara. 

Posisi Kaltara sendiri, menurut Yansen sangat strategis di mana wilayahnya berbatasan langsung dengan Malaysia. Peran unsur keamanan dalam hal ini TNI dan Polri dibutuhkan dalam hal ini. 

Seperti diketahui, Kaltara masih banyak pintu masuk yang rawan digunakan pelaku kejahatan penyelundupan dan narkoba. 

"Agar wilayah perbatasan kita tetap aman dan kedaulatan negara dapat terjaga dengan baik," tegasnya.

Baca Juga: Berantem Sesama ABK hingga Jatuh dan Hilang di Perairan Kaltara

2. Aktif membantu penanganan pandemik

HUT TNI Juga Digelar di Pangkalan Laut Perbatasan dengan MalaysiaProses vaksinasi COVID-19 untuk nasabah Bankaltimra. (IDN Times/Hilmansyah)

Apalagi di masa-masa pandemik COVID-19 di mana TNI turun aktif membantu pelaksanaan vaksinasi di sejumlah remote area. Berangsur-angsur penyebaran pandemik mampu ditekan di seluruh kota/kabupaten di Kaltara. 

"Semoga apa yang dilakukan TNI ini dapat terus berlangsung, hingga saat ini kita terbebas dari COVID-19," papar Yansen. 

Yansen mengatakan, TNI dan Polri bersinergi aktif bersama pemerintah daerah dalam menekan angka penyebaran virus COVID-19. Ia yakin pandemik segera teratasi hingga situasi masyarakat Kaltara pun kembali normal.  

3. Pemprov Kaltara mendukung segala kegiatan TNI dan Polri

HUT TNI Juga Digelar di Pangkalan Laut Perbatasan dengan MalaysiaIlustrasi (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Lebih lanjut, Yansen menyatakan, Pemprov Kaltara akan meningkatkan kerja sama dengan institusi TNI dan Polri dalam pelaksanaan keamanan dan ketertiban masyarakat. Selama ini, kerja sama di antara pemda dan TNI dan Polri sudah terjalin cukup lancar. 

Ia pun berharap dalam perayaan ini, pemda, TNI, dan Polri memperkokoh jalinan kerja sama dalam menjaga kedaulatan negara di kawasan perbatasan Kaltara.

Baca Juga: Kaltara Menuju Pembangunan yang Berwawasan Lingkungan

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya