Kasus COVID-19 Terus Meningkat di Kaltim, Warga Diminta Waspada

Lonjakan terjadi dalam sepekan terakhir

Samarinda, IDN Times - Terjadinya lonjakan kasus terkonfirmasi COVID-19 di Kalimantan Timur (Kaltim) dalam beberapa minggu terakhir tentu menjadi perhatian semua pihak. Tidak saja di Indonesia secara umum, tetapi terjadi di wilayah Kaltim.

Di Benua Etam lonjakan kasus terjadi sejak minggu kedua Januari, terhitung sejak 9 Januari 2022 kasus aktif pada angka 16 kasus hingga 3 Februari 2022 kasus aktif sebanyak 441 kasus.

“Ya memang terjadi tren kenaikan kasus terkonfirmasi di Kaltim. Per hari ini, Kamis, 3 Februari 2022 terjadi penambahan 107 kasus, dengan pasien sembuh 19 kasus dan meninggal dunia 1 kasus, sehingga total kasus aktif bertambah 87 kasus menjadi 441 kasus aktif,” jelas Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kaltim Andi Muhammad Ishak dalam akun Instagram Pemprov Kaltim, Kamis (3/2/2022).

1. Koordinasi antara Pemprov dan kota/kabupaten

Kasus COVID-19 Terus Meningkat di Kaltim, Warga Diminta WaspadaIlustrasi proses pemakaman dengan protokol COVID-19. (ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha)

Pemprov Kaltim melalui Satgas Penangan COVID-19, ujar Andi Muhammad Ishak, terus berkoordinasi dengan pihak terkait dan kabupaten/kota untuk bisa menekan penularan Covid-19 di wilayah masing-masing. Terutama satgas sebagai garda terdepan dalam upaya pencegahan dan penanganan dari varian baru COVID-19 (Omicron) yang penularannya sangat cepat. 

Pemprov Kaltim bersama kabupaten/kota melalui instansi terkait juga terus melakukan percepatan vaksinasi sebagai upaya pencegahan penularan dan pengurangan dampak kematian bagi masyarakat yang terpapar COVID-19.

Baca Juga: Puluhan Warga Tutup Akses Jalan ke Perumahan Elite Balikpapan

2. Patuh protokol kesehatan

Kasus COVID-19 Terus Meningkat di Kaltim, Warga Diminta WaspadaANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Sehubungan itu, masyarakat Kaltim diminta tidak lengah dan tetap waspada dengan penyebaran pandemik COVID-19. Pemprov Kaltim mengimbau masyarakat agar menjaga penerapan protokol kesehatan dan setiap aktivitasnya.

“Jadi masyarakat tidak boleh lengah, harus tetap waspada. Terapkan terus protokol kesehatan, pakailah masker dengan baik dalam setiap aktivitas, hindari kerumunan dan jaga jarak. Satgas kabupaten/kota juga kami minta untuk tegas dalam pengawasan penanganan COVID-19 di wilayahnya masing-masing. Jadi sekali lagi jangan sampai kita lengah terhadap gelombang ketiga COVID-19 yang telah diumumkan pemerintah beberapa hari lalu,” jelasnya.

3. Update penganan pandemik di Kaltim

Kasus COVID-19 Terus Meningkat di Kaltim, Warga Diminta WaspadaIlustrasi pasien COVID-19. (ANTARA FOTO/Adeng Bustomi)

Satuan Tugas Penanganan COVID-19 tidak mengupdate perkembangan kasus pandemik  COVID-19 di seluruh provinsi di Indonesia. Di mana perkembangan negatif kasus ini mayoritas terjadi  di sejumlah provinsi Pulau Jawa. 

Web resmi Pemprov Kaltim melaporkan per 1 Februari 2022 lalu jumlah pasien terpapar virus sebanyak 305 jiwa. Jumlahnya meningkat signifikan hampir 84 persen mengingat Satgas COVID-19 sempat melaporkan sehari sebelumnya tercatat sebanyak 166 kasus  di Kaltim. 

Baca Juga: Saksi Benarkan Oknum Polisi yang Pukul Seorang Wanita di Balikpapan 

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya