Kejaksaan Selidiki Praktik Mafia di Pelabuhan Benuo Taka PPU

Kerugian pungutan pendapatan daerah

Penajam, IDN Times - Kejaksaan Negeri Penajam Paser Utara (PPU) Kalimantan Timur (Kaltim) menelusuri dugaan penyelewengan dana retribusi daerah yang dipungut dari kegiatan bongkar muat di Pelabuhan Benuo Taka, Kelurahan Buluminung, Kecamatan Penajam.

"Tim pemberantasan mafia pelabuhan kejaksaan negeri melakukan penelusuran pungutan retribusi Pelabuhan Benuo Taka yang diduga bermasalah," jelas Kepala Kejari PPU Agus Chandra dilaporkan Antara di Penajam, Sabtu (22/7/2023).

1. Potensi tersangka dari swasta dan ASN

Kejaksaan Selidiki Praktik Mafia di Pelabuhan Benuo Taka PPUKajari PPU, Agus Chandra (IDN Times/Ervan)

Kajari menyebut adanya potensi tersangka dari pihak swasta maupun aparatur sipil negara dalam perkara dugaan penyimpangan dana pungutan retribusi pelabuhan itu.

“Penyidik terus mendalami dugaan untuk diungkap dan disajikan pada persidangan," tambahnya.

Penyidik Kejaksaan Negeri PPU melakukan penelusuran pungutan dana retribusi kegiatan bongkar muat di Pelabuhan Benuo Taka, apakah ada indikasi pendapatan daerah itu dipotong atau tidak disetorkan ke kas pemerintah kabupaten.

Baca Juga: Polres PPU Bekuk Pelaku Curanmor dalam Tempo Tujuh Jam 

2. Pungutan retribusi Pelabuhan Benuo Taka berkurang Rp3 miliar

Kejaksaan Selidiki Praktik Mafia di Pelabuhan Benuo Taka PPUSupervisi Pelabuhan Penajam Radmiadi dampingi GM ASDP Balikpapan Sugeng Purwono pengecekan dermaga Penajam antisipasi mudik lebaran tahun ini (IDN Times/Ervan)

Tim penyidik menemukan indikasi pendapatan daerah berkurang dari sektor pungutan retribusi Pelabuhan Benuo Taka sekitar Rp3 miliar dari 2019 hingga 2022.

Pendapatan Kabupaten PPU dari retribusi pelayanan bongkar muat Pelabuhan Benuo Taka berkurang karena diduga pengguna jasa pelabuhan tidak membayar retribusi. Pelabuhan Benuo Taka yang berlokasi di Kelurahan Buluminung dikelola oleh Dinas Perhubungan Kabupaten PPU. 

"Dalam tindak pidana korupsi yang terlibat ada swasta dan pegawai pemerintah pada satu kegiatan," ujarnya.

3. Dugaan penyelewengan dana retribusi daerah

Kejaksaan Selidiki Praktik Mafia di Pelabuhan Benuo Taka PPUKantor PT. ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Balikpapan di pelabuhan Penajam (IDN Times/Ervan)

Perkara dugaan penyelewengan dana retribusi daerah yang dipungut dari bongkar muat Pelabuhan Benuo Taka itu telah ditingkatkan statusnya dari penyelidikan ke penyidikan.

"Kejaksaan telah berkoordinasi dengan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dan penyidik bakal lebih dalam melakukan penyidikan dugaan penyimpangan retribusi Pelabuhan Benuo Taka," ujar Agus Chandra.

Baca Juga: Warga di Tanjung Tengah Diamankan Polres PPU karena Menyimpan Sabu 

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya