Keragaman Seni Budaya yang Mempersatukan Masyarakat Kaltim

Masyarakat Kaltim yang terdiri berbagai suku bangsa

Samarinda, IDN Times - Wakil Gubernur Kaltim H Hadi Mulyadi mengatakan Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) memiliki potensi luar biasa dari seni budaya dan alamnya. Keragaman potensi itu haruslah dimaksimalkan agar Benua Etam menjadi provinsi yang tidak lupa akar budaya daerahnya.

"Seni budaya sangat penting sebagai perekat bangsa. Walaupun berbeda-beda dari berbagai daerah tapi mampu mempersatukan kita semua dan tidak membuat kita jadi bermusuhan. Karena itu, seni budaya harus terus dikembangkan," kata Hadi Mulyadi saat membuka Pekan Kebudayaan Daerah Kaltim Tahun 2021 di Swiss-Belhotel Borneo Samarinda, Senin (13/9/2021).

1. Semangat budaya dalam mempersatukan warga Kaltim

Keragaman Seni Budaya yang Mempersatukan Masyarakat Kaltimyoutube.com

Hadi Mulyadi berharap Pekan Kebudayaan Daerah dapat mengimplementasikan nilai-nilai integritas, etos kerja dan gotong royong sehingga mampu mempersatukan masyarakat melalui khasanah budaya yang sudah ada di Kaltim.

"Diharapkan masyarakat mengetahui seni dan budayanya. Sekaligus, ajang memelihara nilai-nilai leluhur, toleransi dsn kerukunan masyarakat Kaltim," tandasnya.

Baca Juga: TNI AU Serbu COVID-19 di Kaltim dengan Berau Coal dan Sinar Mas

2. Kegiatan rutin tahunan untuk melestarikan budaya lokal

Keragaman Seni Budaya yang Mempersatukan Masyarakat KaltimKutaiKartanegara.com

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kaltim Anwar Sanusi menjelaskan kegiatan rutin setiap tahun dilaksanakan di Taman Budaya Kaltim digelar 13 - 15 September.

"Kegiatan ini dalam upaya melestarikan budaya dan kesenian. Ada pula olahraga daerah yang dipertandingkan. Juga pameran seni budaya dan tampilan budaya kabupaten/kota se Kaltim," ujar Anwar Sanusi.

3. Pejabat teras Kaltim menghadiri acara ini

Keragaman Seni Budaya yang Mempersatukan Masyarakat KaltimWakil Gubernur Hadi Mulyadi saat peninjauan lokasi banjir di Jalan Sejahtera 1, Kecamatan Sungai Pinang pada 26 Mei 2020 sore (Humas Pemprov Kaltim/Istimewa)

Pembukaan ditandai penabuhan drum oleh Wagub Hadi Mulyadi didampingi Ketua Komisi IV DPRD Kaltim Rusman Yaqub, Ketua TP PKK Kaltim Hj Norbaiti dan Kadisdikbud Kaltim Anwar Sanusi.

Acara diisi hiburan artis ibu kota multi talent Hudson yang membawakan beberapa tembang hits indonesia dan mancanegara. 

Baca Juga: Komunitas Pendakwah Keren dalam Membangun SDM Kaltim

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya