Kirab Festival Budaya Nusantara di Kutai Kartanegara

Pawai kirab budaya tahun 2023

Kukar, IDN Times - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim), menggelar kegiatan Kukar Festival Budaya Nusantara Tahun 2023 yang ditandai dengan kegiatan pawai kirab budaya pada Minggu (9/7/2023).

"Selain melestarikan seni budaya, kegiatan ini juga bertujuan untuk mendorong ekonomi kreatif dan pembangunan pariwisata," kata Bupati Kutai Kartanegara Edi Damansyah dilaporkan Antara. 

1. Ratusan warga Kutai Kartanegara menyaksikan pawai kirab budaya

Kirab Festival Budaya Nusantara di Kutai KartanegaraTenggarong, ibu kota Kutai Kartanegara saat diambil potret dari ketinggian. Terlihat Jembatan Kutai Kartanegara megah membelah Sungai Mahakam (IDN Times/Yuda Almerio)

Ratusan warga Kutai Kartanegara dan wilayah sekitarnya, seperti Samarinda, Balikpapan, dan Bontang, turut menyaksikan pawai kirab budaya tersebut yang disajikan dengan beragam atraksi seni, seperti tari jepen kreasi, tari dayak, tari piring khas minangkabau, reog ponorogo, dan seni bela diri.

Edi Damansyah mengapresiasi peserta yang berpartisipasi dalam kirab budaya tersebut.  Ia menyebut kegiatan itu merupakan upaya pelestarian tradisi seni budaya Indonesia, khususnya Kalimantan Timur, di Tanah Kutai.

Setelah pawai kirab budaya selesai, acara dilanjutkan dengan agenda prosesi tepung tawar oleh Prajurit Kedaton yang dipimpin oleh Sultan Kutai Kartanegara Ing Martadipura ke-XXI Sultan Aji Muhammad Arifin.

Baca Juga: Dua Pemuda di Kutai Kartanegara Ketahuan sebagai Begal Sepeda Motor

2. Kegiatan tahunan digelar Pemkab Kutai Kartanegara

Kirab Festival Budaya Nusantara di Kutai KartanegaraPembalap sepeda MTB Hungaria Attila Gerely (kedua kanan) menirukan tarian Dayak dihadapan dua pemain Prancis Quentin Schrotzenberger (kanan), Madison Boisseire (kedua kiri), Senin (29/8/2022). ANTARA FOTO/Makna Zaezar/hp

Kukar Festival Budaya Nusantara merupakan kegiatan tahunan yang dilaksanakan Pemkab Kutai Kartanegara selama satu dekade dengan pelaksanaan pertama tahun 2013 bernama Erau Adat Kutai dan Internasional Folk Arts Festival (EIFAF). Kemudian berubah menjadi Tenggarong International Folk and Art Festival (TIFAF).

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Kutai Kartanegara Slamet Hadiraharjo mengatakan Kukar Festival Budaya Nusantara tahun 2023 dijadwalkan berlangsung selama lima hari hingga Jumat 14 Juli 2023 dengan tema "Nusantara Namaku, Jaya Negeriku "

"Kegiatan ini melibatkan delapan perwakilan kabupaten dan kota di Kaltim, diantaranya Penajam Paser Utara, Kabupaten Kutai Timur, Kota Bontang, Kabupaten Kutai Barat, Kota Balikpapan, Kota Samarinda, Kabupaten Paser, dan Kabupaten Berau," kata Slamet.

3. Tujuh provinsi di Indonesia turut berpartisipasi

Kirab Festival Budaya Nusantara di Kutai KartanegaraIlustrasi Tari Reog Ponorogo (IDN Times/Nevalika Syawina)

Selain itu  ada partisipasi dari tujuh provinsi di Indonesia yakni DKI Jakarta, Kalimantan Utara, Maluku, Sulawesi Selatan, Nusa Tenggara Timur (Laboan Bajo dan Flores), dan Bali.

Menurut Slamet, ada juga  peserta luar negeri yaitu Kamboja, Papua New Guinea, China, Krosia, Tanzania, Tunisia, Turki, dan Vietnam melalui program Beasiswa Seni dan Budaya Indonesia (BSBI) juga akan berpartisipasi pada kegiatan budaya tersebut.

"Kami berharap melalui event nasional ini bisa menarik wisatawan lokal maupun mancanegara untuk berkunjung ke Kabupaten Kutai Kartanegara,” ucapnya.

Baca Juga: Grand City Balikpapan Buka Kaveling Komersial Seharga Rp20 Miliar

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya