Komisi II DPR RI Optimis Upacara Hari Kemerdekaan Tahun 2024 di IKN

Tinjau pembangunan di IKN

Nusantara, IDN Times - Komisi II DPR RI melakukan kunjungan kerja ke Ibu Kota Nusantara (IKN) bersama Kemenkeu, Kemendagri, dan Kementerian ATR/BPN, Selasa (22/8/2023). Anggota legislatif meninjau pembangunan IKN terkait perumusan RUU tentang Perubahan UU Nomor 3 Tahun 2022 tentang IKN.

“Kunjungan kami hari ini dilakukan karena sebelum masuk ke penyusunan rancangan UU Nomor 3 Tahun 2022, kami ingin melihat secara langsung seperti apa progres pembangunan IKN sampai saat ini,” kata Ketua Komisi II DPR RI Ahmad Doli Kurnia Tandjung dalam keterangan tertulis. 

1. Progres pembangunan IKN

Komisi II DPR RI Optimis Upacara Hari Kemerdekaan Tahun 2024 di IKNKomisi II DPR RI melakukan kunjungan kerja ke Ibu Kota Nusantara (IKN), Selasa (22/8/2023). Foto OIKN

Komisi II DPR RI mengunjungi sejumlah titik lokasi pembangunan kawasan inti pusat pemerintahan (KIPP), titik nol Nusantara, menara pandang sumbu kebangsaan barat, hunian pekerja konstruksi, istana negara, rumah tapak menteri, dan Bendungan Sepaku Semoi. 

Doli mengaku terkejut dengan progres pembangunan yang ada. “Saya terkejut karena 11 bulan yang lalu saya datang ke sini (IKN) hanya bisa sampai titik nol. Lalu hanya dalam kurun waktu yang singkat itu, progres yang terjadi begitu cepat dan sekarang sudah mulai terlihat bentuknya,” imbuhnya.

Doli mengatakan bahwa ia merasa optimis pembangunan IKN bisa selesai tepat waktu dan upacara 17 Agustus tahun depan dapat dilaksanakan di IKN sesuai rencana.

Baca Juga: Delapan Kasus Karhutla Sudah Terjadi di PPU pada 2023

2. Tiga pesan terkait pembangunan IKN

Komisi II DPR RI Optimis Upacara Hari Kemerdekaan Tahun 2024 di IKNSejumlah alat berat beroperasi pada pembangunan di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara Kabupaten Penajem Pasert Utara, Kalimantan Timur, Kamis (8/6/2023). ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah/foc

Lebih lanjut, Doli menyampaikan tiga pesan terkait pembangunan IKN. Agar kehadiran IKN mampu meningkatkan harkat martabat rakyat Indonesia, terutama yang ada di sekitar IKN. 

Sesuai dengan tujuan utama IKN, yaitu mempercepat pemerataan pembangunan di Indonesia.

Kedua, diharapkan pembangunan ini dapat dilakukan dengan terus menjaga kelestarian lingkungan hidup. Sehingga bagaimana pembangunan IKN ini dapat mencakup kawasan yang luas namun lingkungan yang ada tetap terjaga.

Ketiga, semoga IKN bisa menjadi pusat kemajuan Indonesia di masa mendatang.

3. OIKN terus bekerja keras mewujudkan perayaan hari kemerdekaan Indonesia 2024

Komisi II DPR RI Optimis Upacara Hari Kemerdekaan Tahun 2024 di IKNKepala Otorita Ibu Kota Nusantara Bambang Susantono menerima kunjungan anggota Komisi II DPR RI, Selasa (22/8/2023). Foto OIKN

Sementara itu, Kepala OIKN Bambang Susantono menyatakan bahwa OIKN terus bekerja keras untuk mewujudkan perayaan hari kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus tahun depan di IKN.

“Kami selalu berusaha sebaik mungkin agar dapat menjalankan amanah untuk mewujudkan IKN dengan sebaik-baiknya,” ucapnya.

Agenda kunjungan kerja ini ditutup dengan acara silaturahmi yang diisi dengan makan malam bersama dan mendengarkan masukan dari perwakilan tokoh masyarakat dan adat sekitar IKN.

Baca Juga: PPU Memperluas Jaringan Internet dengan Adanya BUMDes 

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya