PPU Memperluas Jaringan Internet dengan Adanya BUMDes 

BUMDes tersebar 30 desa PPU

Penajam, IDN Times - Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) Kalimantan Timur (Kaltim) memperluas jaringan telekomunikasi (internet) melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang tersebar pada 30 desa di daerah berjuluk Benuo Taka itu.

Antara melaporkan, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) PPU Khairuddin mengusulkan perluasan jaringan telekomunikasi di empat kecamatan kepada Kementerian Kominfo.

1. Usulan disampaikan kepada Kementerian Kominfo

PPU Memperluas Jaringan Internet dengan Adanya BUMDes Data Penggunaan Internet di Indonesia (IDN Times/Arief Rahmat)

Menurut dia lagi, usulkan perluasan jaringan internet tersebut disambut oleh Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (Bakti) Kementerian Kominfo melalui Program Kemitraan dengan BUMDes.

Kerja sama Bakti Kementerian Kominfo diharapkan dapat memberikan pengaruh terhadap kemajuan Kabupaten PPU, terutama dengan keberadaan Kota Nusantara, sebagai ibu kota masa depan Indonesia.

Menurut dia, adanya sosialisasi dan pelatihan yang diberikan Bakti Kementerian Kominfo dapat mendorong Sumber Data Manusia (SDM) BUMDes, serta membangun produk dan program yang dapat meningkatkan pendapatan desa.

Baca Juga: Delapan Kasus Karhutla Sudah Terjadi di PPU pada 2023

2. Mengatasi persoalan blank spot di PPU

PPU Memperluas Jaringan Internet dengan Adanya BUMDes ilustrasi internet down (IDN Times/Nathan Manaloe)

Selanjutnya, diharapkan agar di Kabupaten PPU tidak ada lagi wilayah "blank spot" atau terbatas jaringan telekomunikasi dengan terus memperkuat jaringan internet di desa-desa.

Perluasan jaringan telekomunikasi melalui BUMDes juga merupakan salah satu upaya dalam meningkatkan kualitas SDM di Kabupaten PPU secara luas.

"Perluasan telekomunikasi jadi perhatian agar tidak semua wilayah di Kabupaten Penajam Paser Utara masuk internet dan masyarakat terkoneksi dengan internet," katanya.

3. Perluasan jaringan melalui BUMDes

PPU Memperluas Jaringan Internet dengan Adanya BUMDes ilustrasi (Unsplash.com/Headway)

Perluasan jaringan telekomunikasi melalui BUMDes sejalan dengan program pemerintah pusat yang ingin menjangkau seluruh masyarakat di daerah bisa menikmati internet.

Pengembangan jaringan telekomunikasi dari masyarakat pedesaan yang seluruh kegiatan secara perlahan atau bertahap dilaksanakan dengan berbasis digital.

Desa menjadi mandiri mengembangkan potensi wilayah dengan digitalisasi, sehingga sasaran perluasan telekomunikasi dari desa terlebih dahulu, demikian Khairuddin.

Baca Juga: Perumda di PPU Terpaksa Menghentikan Produksi Air Bersih 

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya