Mendagri Membuka Rakornas Ketahanan Jelang Pemilu 2024

Menteri Tito Karnavian menyinggung nama Gubernur Kaltim

Samarinda, IDN Times - Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia (Mendagri RI) Muhammad Tito Karnavian resmi membuka dan memberikan arahan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Bidang Ketahanan Ekonomi, Sosial dan Budaya se Indonesia dengan tema Sinergi Memantapkan Kerukunan Sosial Masyarakat dalam Mewujudkan Pemilu Damai, Aman dan Harmoni di Hotel Claro Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), Selasa 11 April 2023.

"Negara lain heran dengan Indonesia. Karena Itu, kita patut bersyukur meski memiliki wilayah yang luas, suku, agama dan ras yang banyak. Tetapi, mampu hidup rukun. Karena Itu, kondisi ini terus dipertahankan. Apalagi kita akan menghadapi pesta demokrasi," pesannya dalam akun Instagram Pemprov Kaltim. 

1. Kompak menjaga situasi kondusif

Dalam kesempatan itu, Mendagri Tito tak henti-hentinya mengajak seluruh peserta, baik Gubernur, Bupati, Wali Kota dan Forkopimda se Indonesia serta OPD terkait di lingkungan provinsi dan kabupaten/kota se Indonesia agar kompak menjaga kondusifitas, sehingga keamanan, ketertiban, kedamaian serta harmonisasi tetap terjaga.

"Untuk itu, kondusifitas daerah se Indonesia wajib dipertahankan bahkan ditingkatkan," tegasnya.

Menurut Tito, banyak negara-negara Eropa maupun Asia Selatan, misal Afghanistan, Pakistan terus berkonflik. Belum lagi Rusia dengan Ukraina. Bahkan, dari negara-negara yang berkonflik lebih cenderung membawa dampak pada ekonomi, sosial dan budaya bangsa tersebut terganggu.

Baca Juga: Polresta Samarinda Tangkap Kurir Narkoba yang Membawa 1 Kg Sabu

2. Suasana kondusif masyarakat Indonesia

Mendagri Membuka Rakornas Ketahanan Jelang Pemilu 2024Mendagri Muhammad Tito Karnavian melantik 5 Penjabat kepala daerah dan 1 wakil bupati di Papua di Gedung Sasana Bhakti Praja Kantor Pusat Kemendagri, Jumat (27/5/2022). (Dok. Kemendagri).

Karenanya, Tito mengajak seluruh pihak mensyukuri kondusifitas di Indonesia. 

"Makanya, kita bersyukur Indonesia meski sudah Merdeka sejak 77 tahun, sebentar lagi menuju 78 tahun, tetapi tetap kondusif. Ini yang harus terus dijaga," pesannya.

Lebih penting lagi, Tito meminta agar mendukung dan menyukseskan pesta demokrasi serta kedamaian daerah. Maka, seluruh Gubernur untuk membentuk tim pengendalian konflik sosial di daerah. Sehingga sebelum dan terjadi konflik seluruh daerah telah siap dengan sikap yang dipersiapkan.

3. Mendagri Tito menyebutkan nama Gubernur Kaltim

Mendagri Membuka Rakornas Ketahanan Jelang Pemilu 2024Gubernur Kaltim Isran Noor (IDN Times/Yuda Almerio)

Dalam kesempatan itu, ada hal yang menarik dari ajang Rakornas. Mendagri Tito tercatat lima kali dalam arahannya menyebut nama Gubernur Kaltim Isran Noor yang merupakan gubernurnya seluruh Indonesia, yakni Ketua Umum APPSI.

Di akhir kegiatan, Isran Noor menegaskan dan menyambut baik arahan Mendagri Tito.

"Prinsipnya kita ikuti pusat. Sami'na wa atho'na Kaltim Insyaallah taat. Forkopimda Kaltim solid," jelasnnya.

Hadir mendampingi Gubernur Isran Noor Kepala Kesbangpol Kaltim Sufian Agus, Kepala DKP3A Noryani Sorayalita, Kadis Sosial Kaltim Andi Muhammad Ishak, dan anggota DPRD Kaltim Nidya Listiyono.

Baca Juga: Racikan Nasi Bungkus dengan Ganja di Lapas Samarinda

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya