Pemkab PPU Berhasil Padamkan Bencana Karhutla

Kebakaran lahan kering dengan semak belukar

Penajam, IDN Times - Pusat Pengendalian Operasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Penajam Paser Utara (Pusdalops Kabupaten PPU), Kalimantan Timur, bersama pihak terkait berhasil memadamkan kebakaran hutan dan lahan atau karhutla di kabupaten setempat, Selasa (11/7/2023).

"Material yang terbakar tadi siang merupakan lahan ditumbuhi semak belukar dengan bagian bawah kering, di RT 08, Kelurahan Sungai Parit, Kecamatan Penajam, dengan luas lahan terbakar sekitar 100 meter persegi," ujar Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten PPU Budi Santoso diberitakan Antara di Penajam. 

1. Kepolisian ikut turun tangan

Pemkab PPU Berhasil Padamkan Bencana KarhutlaIlustrasi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). (ANTARA FOTO/Rony Muharrman)

Adapun penyebab karhutla masih dalam penyelidikan pihak kepolisian, sedangkan untuk menjaga agar tidak terjadi karhutla lagi, maka ia mengimbau semua komponen tidak sembarang bakar dan tidak membuang puntung rokok sembarangan, apalagi jika di lahan yang kering.

Sementara itu, tim gabungan yang memadamkan karhutla adalah Pusdalops BPBD Kabupaten PPU, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Pos Penajam, Dinas Perhubungan PPU, dan warga setempat.

Baca Juga: Kodim PPU Diminta Berperan Atasi Konflik Sosial di IKN

2. Laporan masyarakat adanya titik panas dari BMKG Balikpapan

Pemkab PPU Berhasil Padamkan Bencana KarhutlaIlustrasi Karhutla (Doc. BNPB)

Sebelumnya, informasi adanya karhutla ini diketahui dari adanya laporan masyarakat dan laporan titik panas dari BMKG Stasiun Balikpapan, dilaporkan bahwa pada Selasa, 11 Juli 2023 terpantau satu titik panas.

"Begitu ada laporan masuk adanya karhutla, Pusdalops BPBD langsung berkoordinasi dengan semua unsur terkait dan menuju lokasi untuk pemadaman, sedangkan pemadaman dilakukan dengan cara manual maupun menggunakan mobil pemadam," katanya.

3. Pantauan karhutla di PPU

Pemkab PPU Berhasil Padamkan Bencana KarhutlaIlustrasi kabut asap akibat karhutla. (ANTARA FOTO/Bayu Pratama S)

Pantauan dilakukan oleh BMKG Stasiun Balikpapan melalui satelit SNPP/VIIRS, terpantau pada titik koordinat 116.4994 Bujur dan -1.5993 Lintang dengan hasil konversi 1°35'57.5"S dan 116°29"57.8"E dengan tingkat kepercayaan menengah.

Baca Juga: Satpol PP PPU Amankan PSK Paser yang Mencari Pelanggan secara Daring

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya