Pemkab PPU Upayakan Pelatihan Kerja bagi Penyandang Disabilitas

Agar bisa berdaya secara ekonomi

Penajam, IDN Times - Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) mengupayakan penyelenggaraan pelatihan kerja bagi penyandang disabilitas di wilayahnya agar mereka bisa lebih berdaya secara ekonomi.

"Kami usulkan bantuan pelatihan bagi disabilitas kepada pemerintah provinsi," ujar Kepala Bidang Bantuan dan Jaminan Sosial Dinas Sosial Kabupaten Penajam Paser Utara Triposa Pinde Paundanan dilaporkan Antara di Penajam, Selasa (30/5/2023). 

1. Disabilitas mengikuti pelatihan di balai latihan kerja

Pemkab PPU Upayakan Pelatihan Kerja bagi Penyandang DisabilitasIlustrasi disabilitas (Antaranews)

Triposa mengharapkan, tahun ini ada disabilitas yang diberangkatkan untuk dapat mengikuti pelatihan di balai latihan kerja.

Dia mengemukakan pentingnya peningkatan kompetensi dan keterampilan untuk meningkatkan kemandirian ekonomi penyandang disabilitas di Kabupaten Penajam Paser Utara.

Baca Juga: PPU Bantu Pekerja Rentan dalam Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan 

2. Provinsi perlu fasilitasi penyandang disabilitas

Pemkab PPU Upayakan Pelatihan Kerja bagi Penyandang DisabilitasBRI turut mengambil peran membantu para penyandang disabilitas mendapatkan hak dengan memberikan bantuan pelatihan dan magang di berbagai wilayah Indonesia melalui program "BRI Sahabat Disabilitas". (Dok. BRI)

Oleh karena itu, dia mengatakan, pemerintah provinsi perlu memfasilitasi penyandang disabilitas mengakses program pelatihan kerja selain memberikan bantuan sosial berupa dana maupun alat bantu.

"Kami harapkan pemerintah provinsi tidak akomodir usulan bantuan alat bantu saja, tapi juga usulan pelatihan kerja (bagi penyandang) disabilitas, karena belum pernah ada," kata Triposa.

3. Dinas Sosial PPU usulkan pemberian alat bantu

Pemkab PPU Upayakan Pelatihan Kerja bagi Penyandang DisabilitasIlustrasi penyandang disabilitas. (Dok. IDN Times).

Ia mengatakan bahwa Dinas Sosial Kabupaten Penajam Paser Utara mengusulkan kepada pemerintah provinsi untuk memberikan alat bantu dan akses pelatihan kerja bagi penyandang disabilitas pada tahun 2023. 

Baca Juga: Bocah SD di PPU Jadi Korban Penganiayaan Ayah dan Ibu Tiri 

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya