Comscore Tracker

Pengusaha di Kaltim Diminta Ikut Berperan Bantu Pasien Isoman COVID-19

Bantuan bisa berupa sembako atau lainnya

Balikpapan, IDN Times - Pemprov Kalimantan Timur (Kaltim) mengajak para pengusaha turut berperan membantu masyarakat di masa pandemik COVID-19. Peran serta pengusaha bisa dengan membantu masyarakat dalam menjalani isolasi mandiri (isoman).

“Kami meminta pengusaha membantu mereka menjalani isoman,” kata Gubernur Kaltim Isran Noor dalam akun Instagram Pemprov Kaltim, Senin (1/8/2021).

1. Pemprov Kaltim tetap berkomitmen dalam pandemik COVID-19

Pengusaha di Kaltim Diminta Ikut Berperan Bantu Pasien Isoman COVID-19Serbuan vaksinasi COVID-19 di Balikpapan Kalimantan Timur (Kaltim). (IDN Times/Hilmansyah)

Isran Noor mengatakan, pemerintah daerah tidak melepas tangan kewajibannya dalam penanganan pandemik COVID-19. Selama ini, Pemprov Kaltim tetap berupaya membantu masyarakat maupun pasien COVID-19 dirawat di rumah sakit.

Dalam masalah ini, Isran hanya meminta pengusaha agar bersedia membantu warga yang sedang menjalani proses isoman, Khususnya dalam pengadaan kebutuhan pokok sehari-hari mereka.

Baca Juga: Jumlah Pasien COVID-19 di Kaltim Masih Mengkhawatirkan 

2. Ikhtiar sudah dilakukan dan warga diminta taat prokes

Pengusaha di Kaltim Diminta Ikut Berperan Bantu Pasien Isoman COVID-19Serbuan vaksinasi COVID-19 di Balikpapan Kalimantan Timur (Kaltim). (IDN Times/Hilmansyah)

Bagi Isran, saat ini usaha sudah dilakukan. Ikhtiar juga telah jalani. Selanjutnya, bagaimana bersama berkomitmen menghadapi COVID-19 agar tak menyebar.

Artinya, saat peran semua pihak diperlukan, mulai pemerintah, pengusaha, terlebih masyarakat untuk sadar melaksanakan protokol kesehatan.

"Makanya, dengan kesadaran masyarakat yang tinggi wabah ini bisa ditekan penyebarannya. Selanjutnya, tinggal pemerintah bersama pihak terkait membantu kebutuhan masyarakat, misalnya sembako, vitamin dan obat-obatan," jelasnya.

Isran mengajak masyarakat agar tidak menyalahkan siapa-siapa. Saat ini, lanjut dia, bagaimana bersama mencegah penularan agar tidak terjadi. Kuncinya, ikuti protokol kesehatan dengan baik.

3. Update pandemik COVID-19 Kaltim

Pengusaha di Kaltim Diminta Ikut Berperan Bantu Pasien Isoman COVID-19Serbuan vaksinasi COVID-19 di Balikpapan Kalimantan Timur (Kaltim). (IDN Times/Hilmansyah)

Satgas Penanganan COVID-19 Kaltim pandemik COVID-19 masih mengkhawatirkan di Benua Etam. Saat ini saja dilaporkan jumlah pasien terpapar virus sebanyak 23.181 kasus atau meningkat 10 persen dibandingkan 4 hari lalu sebanyak 21.062 kasus. 

Pemerintah pusat menetapkan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 4 bagi delapan kota/kabupaten, yakni Balikpapan, Samarinda, Kutai Kartanegara, Bontang, Kutai Timur, Kutai Barat, Berau, dan Penajam Paser Utara.

Sedangkan Mahakam Ulu dan Paser diwajibkan melaksanakan PPKM level 3.

Tren pandemik COVID-19 tertinggi terjadi di Balikpapan di mana jumlah pasiennya sebanyak 7.551 kasus atau meningkat 3,7 persen dibanding sebelumnya  7.277 kasus. 

Kondisi hampir sama terjadi di Kutai Kartanegara di mana kasus tercatat 3.430 kasus atau turun tipis 3 persen dari sebelumnya 3.535 kasus. 

Kondisi  di Bontang dengan kondisi naik tipis 2.274 kasus atau naik 7,9 persen dari sebelumnya 2.106 kasus.  

Samarinda juga mengalami penurunan tipis pasien terpapar virus COVID-19 menjadi 1.802 kasus atau turun 11 persen dari sebelumnya 2.001 kasus. 

Baca Juga: Tren Sembuh COVID-19 Kaltim Meningkat Tembus 1.469 Kasus 

Topic:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya