Polres Kutai Barat Bentangkan Bendera Raksasa Memperingati HUT RI

Meningkatkan semangat nasionalisme

Kutai Barat, IDN Times - Momen Hari Kemerdekaan RI dimanfaatkan maksimal oleh Kepolisian Resort Kutai Barat (Kubar) di Kalimantan Timur (Kaltim) untuk terus meningkatkan semangat nasionalisme warga Tanaa Purai Ngeriman. 

”Satu kegiatan kami untuk menggelorakan nasionalisme itu adalah pembentangan bendera merah putih raksasa,” kata Kepala Polres (Kapolres) Kubar Ajun Komisaris Besar Polisi Heri Rusyaman diberitakan Antara di Kubar, Senin (21/8/2023). 

1. Bendera merah putih sepanjang 60 x 23 meter

Polres Kutai Barat Bentangkan Bendera Raksasa Memperingati HUT RIIlustrasi pengibaran bendera merah putih dalam upacara bendera peringatan HUT ke-76 RI di areal persawahan Kabupaten Madiun. Dok.IDN Times/Istimewa.

Bendera merah putih sepanjang 60 meter dan lebar 23 meter itu dibentangkan para peserta jalan sehat yang juga digelar Kepolisian Resort Kutai Barat pada Sabtu 19/8 lalu. Perlu tidak kurang dari 200 orang untuk memegangi bendera itu agar gagah berkibar di atas Bumi Macan Dahan.

”Untuk lebih menggelorakan semangat warga, kami berdiri di depan pegang bendera,” tutur Kapolres.

Maka di sebelah Kapolres berdiri Komandan Kodim 0912 Kubar Letnan Kolonel CZI Eko Handoyo,  Wakil Kapolres Komisaris Polisi I Gde Dharma Suyasa, Komandan Koramil Barong Tongkok Kapten Infanteri Haryadi, Kepala Kejaksaan Negeri Bayu Pramesti, Kepala Pengadilan Negeri Kubar Henu Sistha, Ketua Komisi Pemilihan Umum Kubar Arkadius Hanyeq, Ketua PSSI Kubar M Teddy Rakhmat, dan Ketua KONI Kubar Tobias Kainama.

Baca Juga: Lima Personel Polres Kutai Barat Diberhentikan Tidak Hormat

2. Kesaksian warga Kutai Barat dalam peringatan HUT Kemerdekaan Indonesia

Polres Kutai Barat Bentangkan Bendera Raksasa Memperingati HUT RIWali Kota Balikpapan dan istri, beserta jajaran Pemerintah Kota upacara bersejarah peringatan HUT RI Ke 75 di Simpang Plaza Balikpapan, Senin (17/8/2020)

Di belakang mereka semua barulah warga para peserta jalan sehat, termasuk para personel Polres dan Kodim. ”Saya turut bangga jadi bagian kegiatan ini. Saya turut memegang dan mempertahankan bendera putih tersebut agar tidak jatuh,” kata Taufik, warga Barong Tongkok.

Ujarnya, perjuangan generasi pendahulu bahkan lebih berat karena mereka harus merebut dan mempertahankan kemerdekaan dengan darah dan air mata.

”Generasi kami tinggal mengisi kemerdekaan ini dan berbuat yang terbaik di bidang masing-masing,” lanjut Thomas, warga Melak.

3. Jalan sehat diikuti sebanyak 3 ribu orang

Polres Kutai Barat Bentangkan Bendera Raksasa Memperingati HUT RIIlustrasi peserta jalan sehat Jappa Jokka Cap Go Meh di Jalan Sulawesi Makassar, Minggu (5/2/2023). Dok. Humas Pemkot Makassar

Menurut catatan panitia, jalan sehat tersebut diikuti tidak kurang dari 3000 orang dan berkumpul untuk memulai jalan bersama di halaman Taman Budaya Sendawar di Barong Tongkok.

Tepat pukul 08.00 Wita para peserta berlepas menuju Simpang Umbau hingga Kantor Kejaksaan Negeri Kubar, lanjut sampai Tugu Macan Dahan dan berputar untuk kembali ke Taman Budaya.

“Alhamdulillah kita semua sehat karena badan bergerak,” kata Kapolres Heri semringah. 

Baca Juga: Mantan Bupati Kutai Barat Tersangka Pemalsuan Izin Pertambangan

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya