Comscore Tracker

Prihatin! Dua Remaja Jambret HP Bocah di Gunung Empat Balikpapan

Pelaku mengincar ponsel milik anak-anak

Balikpapan, IDN Times - Dua remaja tanggung tertangkap tangan menjambret handphone seorang bocah di Gunung Empat Kelurahan Margo Mulyo Balikpapan Kalimantan Timur (Kaltim), Senin (8/11/2021) pukul 18.00 Wita. Para pelaku berinisial FZ (18) dan RR (17) diduga mengincar benda-benda berharga milik anak-anak yang jauh dari pantauan orang dewasa.  

"Pelaku ini merampas HP korban di pinggir jalan. Korban ini berteriak sehingga mengundang warga sekitar untuk mengejar pelaku," kata Kapolsek Balikpapan Barat Komisaris Polisi Totok Eko Darminto, Selasa (9/11/2021). 

1. Modus penjambretan

Prihatin! Dua Remaja Jambret HP Bocah di Gunung Empat BalikpapanSalah seorang pelaku penjambretan di Gunung Empat Balikpapan Barat. Foto istimewa

Totok mengatakan, para remaja sepertinya sudah merencanakan melakukan aksi penjambretan ini. Sore itu, mereka pun berkeliling menggunakan sepeda motor guna mencari korban penjambretan.

Sesampainya di kawasan Gunung Empat, kata Totok, para melihat seorang bocah sedang asyik bermain handphone di pinggir jalan. Tanpa banyak basa-basi, mereka langsung merampas handphone tersebut serta membawanya kabur. 

Tetapi sesaat itu juga, korban langsung berteriak keras hingga mengundang perhatian warga sekitar. Warga langsung berlarian ke tempat kejadian perkara.

Baca Juga: Awas! Peredaran 3,1 Kg Sabu di Balikpapan Digagalkan Polisi

2. Seorang pelaku berhasil diamankan warga

Prihatin! Dua Remaja Jambret HP Bocah di Gunung Empat BalikpapanIlustrasi Jambret (IDN Times/Sukma Shakti)

Para pelaku sepertinya tidak menduga korban bereaksi memancing warga. Mereka panik serta berusaha kabur dengan memacu laju sepeda motornya. 

Tetapi aksi pelarian pelaku tidak berjalan mulus. Salah seorang di antaranya inisial FZ berhasil diamankan warga tidak jauh dari lokasi kejadian penjambretan. Pemuda tanggung ini pun akhirnya sempat menjadi bulan-bulanan tinju warga yang terlanjur kalap. 

Sedangkan rekannya, inisial RR sempat kabur dari hadangan warga di lokasi tersebut. 

"Satu pelaku berhasil diamankan warga, sementara satu lagi si RR berhasil kabur," kata Totok.

3. Polisi membekuk rekan pelaku di rumahnya

Prihatin! Dua Remaja Jambret HP Bocah di Gunung Empat BalikpapanIlustrasi Jambret (IDN Times/Arief Rahmat)

Polsek Balikpapan Barat langsung ke lokasi kejadian perkara serta mengamankan pelaku yang diamankan di rumah warga. Setelah itu, mereka mengejar tersangka lainnya berdasarkan hasil keterangan tersangka FZ. 

Tersangka RR berhasil diamankan di rumahnya di kawasan Baru Tengah, Balikpapan Barat. Tersangka ini masih berusia di bawah umur. 

"Sekitar pukul 21.30 wita pelaku RR berhasil diamankan di rumah tanpa ada perlawanan," tegas Totok. 

Akibat perbuatannya, kedua pelaku kini mendekam di sel tahanan Mapolsek Balikpapan Barat untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya. Keduanya diganjar dengan pasal 363 ayat 4 subsider pasal 362 KUHP tentang pencurian dengan ancaman hukuman di atas lima tahun penjara

Baca Juga: Rumah Warga di Prapatan Balikpapan Diterjang Air dan Lumpur 

Topic:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya