SAR Masih Mencari Bocah yang Terseret Arus Drainase di Samarinda

Pencarian hingga ke Sungai Mahakam

Samarinda, IDN Times - Basarnas Samarinda masih melakukan  pencarian seorang bocah bernama Muhammad Thoriq (8) dikabarkan jatuh ke dalam drainase di kawasan Jalan Pasundan Kelurahan Kampung Jawa, Kecamatan Samarinda Kota.

Bocah malang ini dilaporkan hilang terseret arus pada Senin 6 Maret 2023 pukul 15.00 Wita, pencarian ditelusuri hingga ke Sungai Mahakam.

1. Terpeleset ke dalam arus drainase

SAR Masih Mencari Bocah yang Terseret Arus Drainase di SamarindaIlustrasi korban tenggelam. (Shutterstock)

Kepala Unit Siaga SAR Samarinda Riqi Efendi di Samarinda menceritakan, bahwa sesaat sebelum kejadian, Thoriq bersama empat temannya tengah bermain genangan air saat hujan deras,  namun di tengah bermain korban justru terpeleset ke dalam drainase sehingga tubuhnya dengan cepat terbawa arus deras air selokan yang bermuara ke Sungai Mahakam.

"Empat orang di antara mereka itu ada kakak Thoriq, dia sempat menolong namun karena tubuhnya yang juga kecil, sehingga tidak bisa menolong adiknya," kata Riqi Efendi diberitakan Antara, Jumat (10/3/2023).

Baca Juga: Polresta Samarinda Tangkap Guru Ponpes yang Aniaya Tiga Santri

2. Korban kerap bermain di lokasi tempat kejadian bencana

SAR Masih Mencari Bocah yang Terseret Arus Drainase di SamarindaIlustrasi penemuan mayat di sungai. IDN Times/Tim SAR Bone

Dikemukakannya, Thoriq yang berdomisili di Jalan KS Tubun Samarinda, memang kerap terlihat bermain di Jalan Pasundan Kecamatan Samarinda Kota  tersebut.

"Berdasarkan keterangan pihak keluarga, Thoriq tinggal dengan ayah dan neneknya, memang dahulu pada saat tinggal bersama ibunya tidak diizinkan untuk bermain hujan dan banjir," ujar Riqi.

Tim SAR Samarinda saat ini turun ke TKP,  menelusuri dari selokan hingga ke Sungai Mahakam, dan masih  tidak ditemukan adanya keberadaan Thoriq. Setelah ditelusuri, di dalam drainase tidak terdapat penghalang atau jaring-jaring.

3. Tim SAR terus melakukan pemantauan

SAR Masih Mencari Bocah yang Terseret Arus Drainase di SamarindaIlustrasi SAR saat mengevakuasi jenazah Rahmadani Pranoto yang hanyut di Sungai Percut, Desa Saentis, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Minggu (20/4) (dok SAR Medan)

Dalam pencarian Thoriq, Tim SAR gabungan  sampai saat ini terus memantau dan selalu siaga di TKP, dan juga di pos siaga Teluk Lerong Garden.

"Kita telusuri semua arah drainase, hingga mengarah kedua titik, yakni di depan Kantor Gubernur, dan Teluk Lerong Garden, akan tetapi pencarian hasil masih nihil," ungkap Riqi.

Penyisiran sudah dilakukan menggunakan perahu karet, tetapi masih belum ditemukan ciri-ciri keberadaan korban. Termasuk berkoordinasi dengan kapal yang melintas jika melihat jasadnya, maka segera hubungi kami.

Baca Juga: Pemkot Samarinda Menutup THM, Spa, dan Tempat Hiburan selama Ramadan 

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya