Sekda Kaltim Ajak Influencer untuk Mendorong Promosi Wisata Lokal

Kemajuan teknologi komunikasi dan media sosial

Samarinda, IDN Times - Kemajuan teknologi informasi berimbas pada sektor pariwisata, terutama dalam menginformasikan potensi dan keunggulan dan destinasi pariwisata daerah.

Seperti dilakukan Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) melalui Dinas Pariwisata dalam pemasaran pariwisata daerah, selain melalui media sosial (website, Instagram, Facebook, Twitter) dan mengaktivasi wisata domestik, juga melibatkan para influencer.

"Kita mengajak influencer yang ada di Kaltim juga Jakarta, kita undang untuk memviralkan destinasi wisata kita," kata Sekretaris Daerah Provinsi Kaltim Sri Wahyuni dalam akun Instagram Pemprov Kaltim pekan lalu. 

Ia hadir dalam Festival 6 di Kawasan Senayan Park Jakarta.

1. Dampak influencer mendongkrak wisata Kaltim

Dan diakuinya, pola kerja sama dengan para influencer ternyata memberi dampak besar dalam mendongkrak destinasi pariwisata Kaltim.

"Orang lebih cepat mengenal, cepat mengetahui destinasi kita dan tertarik untuk datang berkunjung," ujarnya.

Bahkan, ungkap mantan Kepala Dinas Pariwisata Kaltim itu, bukan hanya orang luar, tetapi warga lokal Kaltim pun sangat terbantu dengan tayangan-tayangan video para influencer terkait destinasi wisata.

Baca Juga: Polresta Samarinda Bedah Rumah Seorang Pensiunan Polri

2. Masyarakat Kaltim banyak yang tidak tahu destinasi wisata lokal

Sekda Kaltim Ajak Influencer untuk Mendorong Promosi Wisata LokalSalah satu acara di Pantai Manggar Balikpapan Kaltim. (IDN Times/Hilmansyah)

Menurut Sri Wahyuni, tidak sedikit masyarakat Kaltim sendiri tidak tahu destinasi daerah. Tetapi setelah diviralkan para influencer, barulah mereka kaget dan tahu bahwa daerahnya ada destinasi bagus dan wajib dikunjungi. 

Namun demikian lanjutnya, Pemrpov Kaltim melalui instansi terkait terus melakukan upaya-upaya mempromosikan pariwisata daerah melalui pola lainnya, seperti menyelenggarakan event-event.

Event-event yang digelar, ujarnya, selain bertaraf lokal dan regional, juga nasional bahkan internasional yang diinisiasi pemerintah provinsi maupun kabupaten dan kota, serta didukung pihak swasta.

3. Event seni budaya di Kaltim

Sekda Kaltim Ajak Influencer untuk Mendorong Promosi Wisata LokalIDN Times/Sunariyah

Selain event seni dan budaya, serta event pariwisata lainnya, juga event MICE (meeting/pertemuan, incentive/insentif, convention/konvensi dan exhibition/pameran). 

"Kami konsisten setiap tahun selalu menggelar event-event seni budaya, selain event eksibisi atau pun MICE, agar orang luar Kaltim mau beracara di sini, bahkan wisatawan mancanegara mau dan tertarik datang ke Benua Etam," bebernya.

Baca Juga: BNNP Kaltim Ungkap Transaksi Narkotika di Salah Satu Kafe di Samarinda

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya