Comscore Tracker

Warga Balikpapan Antusias "Serbu" Pasar Murah di BOS

Pasar murah selama bulan Ramadan Balikpapan

Balikpapan, IDN Times - Dinas Perdagangan Kota Balikpapan Kalimantan Timur (Kaltim) mulai menggelar pasar murah selama bulan Ramadan 2022. Pasar murah barang sembako ini rencananya akan dibuka di seluruh kecamatan yang ada di Balikpapan. 

"Untuk harga daging kualitas super dijual di pasar murah sekitar Rp110 ribu per kilogram, sedangkan untuk daging kualitas premium cuma Rp100 ribu per kilogram," kata Kepala Disdag Kota Balikpapan Arzaedi Rachman, Senin (11/4/2022).

1. Pasar murah hari pertama

Warga Balikpapan Antusias Serbu Pasar Murah di BOSPasar murah di Balikpapan Ocean Square. Foto istimewa

Pemkot Balikpapan membuka hari pertama pasar murah tersebut di Kecamatan Balikpapan Kota berlokasi di Balikpapan Ocean Square (BOS). Pasar murah ini menawarkan pelbagai kebutuhan sembako dari beras, telor, daging, minyak goreng, dan lainnya dengan harga yang terjangkau. 

Contohnya, satu rak berisi 30 telor dijual seharga Rp43 ribu di mana harga pasarannya bisa mencapai Rp50 ribu. Apalagi di bulan Ramadan saat harga-harga sembako merangkak naik di Balikpapan. 

Demikian pun harga daging sapi segar. 

Baca Juga: Kilang Balikpapan Ekspor Produk Bahan Bakar Kapal Kualitas Tinggi

2. Warga antusias membeli daging sapi

Warga Balikpapan Antusias Serbu Pasar Murah di BOSPedagang daging sapi segar di Balikpapan Kalimantan Timur, Senin (4/4/2022). Foto istimewa

Arzaedi mengatakan, mayoritas masyarakat Balikpapan di pasar murah mencari daging sapi, karena harganya yang jauh di bawah pasar saat ini yang bisa menembus Rp170 ribu per kilogram. 

Selain itu, warga pun mencari gula yang harganya berkisar antara Rp13,5 ribu hingga Rp15 ribu per kilogram. 

"Untuk minyak goreng tidak terlalu banyak karena harganya yang relatif memang tidak jauh dengan harga pasar, selisihnya hanya seribu," ujarnya.

Arzaedi menjelaskan, kegiatan tersebut menjadi upaya pemerintah kota untuk menstabilkan harga pasar sekaligus memudahkan kegiatan perekonomian warga. Sekaligus menjadi upaya Dinas Perdagangan bekerja sama dengan BUMN dan distributor komoditas barang kebutuhan pokok selama bulan suci Ramadan.

"Pasar murah ini dibuka untuk seluruh masyarakat umum dan berlangsung dari 11 April hingga 23 April dengan menjual kebutuhan masyarakat, khususnya barang kebutuhan pokok antara lain beras, gula, minyak goreng, telur, daging, serta produk makanan dan minuman," katanya.

3. Antusias warga berbelanja di pasar murah

Sementara itu, Manajer Indoguna Agus mengatakan, selama kegiatan pasar murah pihaknya menyiapkan daging beku sebanyak 600 kilogram hingga 800 kilogram. Namun untuk pembukaan ini pihaknya menyiapkan satu ton daging kualitas super dan premium.

"Untuk daging kualitas super harganya Rp110 ribu per kilogram, sementara kalau di luar seperti pasar harganya bisa mencapai Rp125 per kilogram," timpal Agus.

Pasar Murah Ramadan merupakan kegiatan positif karena menyediakan produk dengan harga yang lebih murah dibandingkan di pasar. Pasar Murah Ramadan juga memfasilitasi produk IKM untuk tampil dan menjangkau masyarakat.

Antusias warga untuk berburu kebutuhan pokok murah terlihat dengan memenuhi lokasi pasar murah. Salah satu konsumen mengaku sengaja datang untuk membeli kebutuhan pokok yang

“Katanya murah-murah di sini seperti daging, gula dan telur makanya saya datang, dan Alhamdulillah ternyata benar dan langsung belanja untuk kebutuhan sehari-hari,” kata salah satu konsumen warga Balikpapan.

Baca Juga: Prajurit Raider Raja Alam Tiba di Balikpapan setelah Bertugas di Papua

Topic:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya