Catatan 2019 Polresta Balikpapan, 29 Korban Tewas Akibat Laka Lantas

Kapolresta Balikpapan keluhkan jumlah personel

Balikpapan, IDN Times – Kapolresta Balikpapan, Kombes Pol Turmudi mengeluh soal minimnya personel kepolisian di instansinya. Meski kurang jumlah personel, namun dia mengapresiasi kinerja anak buahnya karena telah mampu menekan angka kriminalitas dan laka lantas.

Keluhan ini disampaikan Turmudi dalam rapat akhir tahun bersama jajarannya di Mapolresta Balikpapan, Senin (30/12) sore. Kepada awak media, dia berkata, saat ini Polresta Balikpapan memiliki 782 personel.

Jumlah tersebut masih jauh dari kata layak. Di mana untuk menjaga keamanan Kota Minyak, Polresta Balikpapan seharusnya memiliki minimal 1.300 personel.

“Itu kan disesuaikan dengan jumlah penduduk dan luas wilayah. Setiap tahun kota ini mengalami pertumbuhan penduduk. Jadi memang personel kami saat ini sangat terbatas sekali,” ujar pria berkacamata itu.

1. Polresta tak punya kewenangan menambah pasukan

Catatan 2019 Polresta Balikpapan, 29 Korban Tewas Akibat Laka LantasKombes Pol Turmudi didampingi Kabag Ops Polresta Balikpapan, Kompol Dody Surya, menggelar rilis akhir tahun, Senin (30/12) sore. (IDN Times/Surya Aditya)

Minimnya personel kepolisian kota bukan terjadi pada saat ini saja. Pada 2018 Polresta Balikpapan juga kekurangan personel. Di mana pada tahun lalu ada 791 personel, yang seharusnya dibutuhkan 1.074 personel.

“Jadi tahun ini malah ada pengurangan. Itu karena ada yang meninggal, pensiun, dan lain-lainnya,” kata Turmudi.

Kondisi ini makin diperparah lantaran Polresta Balikpapan tak memiliki kewenangan menambah personel. Semua kewenangan menambah pasukan ada di ‘tangan’ Mabes Polri, atas usulan dari Polda Kaltim.

“Yang mengusulkan itu dari Polda. Kalau Polres gak punya kewenangan untuk mengusulkan, nanti dari Polda ke Mabes,” tuturnya.

Baca Juga: Bermula Kasus 3 Kg Sabu-sabu di Tarakan, 5 Orang Ditangkap di Kaltim

2. Empat kasus paling menonjol sepanjang 2019

Catatan 2019 Polresta Balikpapan, 29 Korban Tewas Akibat Laka LantasRilis akhir tahun 2019 di Mapolresta Balikpapan. (IDN Times/Surya Aditya)

Selain memaparkan tentang jumlah personel, Turmudi juga membeberkan kasus kriminal yang ditangani Polresta Balikpapan sepanjang 2019 dan 2018.

Ada lima kasus kriminal yang menjadi atensi pihaknya pada tahun ini, yakni, narkoba, pencurian kendaraan bermotor (curanmor), pencurian dengan pemberatan (curat), penganiayaan berat (anirat) dan pencurian dengan kekerasan (curas).

Narkoba, sebut Kapolresta, pada 2019 ini tercatat ada 371 kasus, curanmor sebanyak 56 kasus, curat ada 105 kasus, anirat 50 kasus dan curas tercatat 17 kasus.

Sedangkan pada 2018, narkoba tercatat ada 336 kasus, curanmor 149 kasus, curat 255 kasus, anirat sebanyak 109 kasus dan curas.terjadi 42 kasus.

“Jadi rata-rata tahun ini hampir semua kasus kejahatan berkurang,” sebut perwira melati tiga di pundak itu.

Turmudi turut memaparkan kasus kejahatan yang paling menonjol di Balikpapan. Kata dia, pada tahun ini ada empat kasus yang menjadi perhatian publik. Pertama kasus pencurian 18 unit sepeda motor lintas provinsi.

Kemudian kasus anak yang menganiaya ayah kandung hingga menyebabkan kematian. Selain itu ada kasus curat 40 TKP dan premanisme Pasar Pandansari.

3. Sebanyak 29 orang meninggal dunia akibat laka lantas

Catatan 2019 Polresta Balikpapan, 29 Korban Tewas Akibat Laka LantasIlustrasi kecelakaan lalu lintas - IDN Times/Arief Rahmat

Selain kasus kriminalitas, Turmudi juga memaparkan bidang lalu lintas di Balikpapan sepanjang dua tahun terakhir. Kata dia, pada tahun 2019 ini jumlah kecelakaan lalu lintas (laka lantas) tercatat ada 72 kasus.

Dari 72 kasus tersebut, terdapat 29 orang meninggal dunia, korban luka berat 11 orang, korban luka ringan 62 orang. Total kerugian materi yang diderita semua korban ini senilai lebih Rp172 juta.

Sedangkan pada tahun sebelumnya jumlah laka lantas tercatat ada 124 kasus, dengan korban meninggal dunia 3 orang, korban luka berat 39 orang, korban luka ringan 126 orang. Total kerugian materi para korban laka lantas pada 2018 berjumlah Rp1,2 miliar lebih.

“Jadi kasus laka lantas pada tahun ini menurun. Ini tidak lepas dari peran anggota kami yang selalu giat melakukan edukasi lantas kepada masyarakat, meski jumlah personel kami minim,” pungkasnya.

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App, unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Baca Juga: Proyek Molor, Pemkot Balikpapan akan Sanksi Sepuluh Kontraktor 

Topik:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya