Comscore Tracker

Enam Rumah di Belakang Apartemen Pertamina Balikpapan Kebakaran

Kawasan padat, warga malah ikut menonton aksi pemadaman

Balikpapan, IDN Times – Kebakaran melanda pemukiman warga di belakang Apartemen Pertamina, Jalan Al Falah, RT 41 (Dahor), Kelurahan Baru Ilir, Balikpapan Barat, Kamis (9/1), sekira pukul 14.00 Wita. Akibatnya, enam rumah kena dampak kebakaran tersebut.

Pantauan IDN Times, lokasi kebakaran terbilang sempit. Terdapat gang-gang kecil di sana. Ditambah banyaknya warga menyaksikan kebakaran, membuat petugas kesulitan memadamkan api. Bahkan ada petugas yang harus naik ke atap rumah untuk menyemprotkan air.

1. Tiga rumah ludes terbakar

Enam Rumah di Belakang Apartemen Pertamina Balikpapan KebakaranLokasi kebakaran di belakang Apartemen Pertamina, Balikpapan Barat, dilihat dari ketinggi. (Sumber: BPBD Balikpapan)

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Balikpapan Suseno mengatakan, enam rumah terdampak itu bernomor 23, 27, 29, 30, 31 dan 32.

Rumah bernomor 29, 30 dan 31 ludes terbakar. Sedangkan tiga rumah lainnya hanya terkena jilatan api di bagian dapur atau atap. Total, ada 48 jiwa penghuni rumah-rumah yang terbakar itu

“Rumah yang hangus terbakar dihuni oleh 11 KK (kepala keluarga) dengan 32 jiwa , sedangkan rumah yang rusak ringan dihuni 3 KK dengan 16 jiwa,” katanya di lokasi kebakaran.

Baca Juga: PKL Pelabuhan Semayang Mengadu ke DPRD Balikpapan

2. Butuh satu jam lebih untuk memadamkan api

Enam Rumah di Belakang Apartemen Pertamina Balikpapan KebakaranPetugas bersama warga berjibaku memadamkan api. (IDN Times/Surya Aditya)

Lebih lanjut, Suseno menerangkan, cuaca di lokasi kebakaran saat itu sedang panas-panasnya dan angin berhembus kencang. Apalagi rumah-rumah di lokasi kebakaran kebanyakan berbahan kayu, membuat dampak kebakaran sulit diminimalkan.

Dalam upaya pemadaman ini, BPBD Balikpapan tidak bekerja sendiri. Mereka dibantu beberapa instasi pemerintah dan swasta lainnya, seperti TNI, Polri, Pertamina hingga warga sekitar. Api baru bisa dipadamkan sekira pukul 15.15.

“Ada 15 unit mobil damkar yang kami turunkan. Kami juga berterima kasih kepada warga yang telah membantu proses pemadam ini,” terangnya.

3. Polisi akan segera menggelar olah TKP untuk mengetahui penyebab kebakaran

Enam Rumah di Belakang Apartemen Pertamina Balikpapan KebakaranPetugas kepolisian ikut memadamkan api bersama BPBD Balikpapan. (IDN Times/Surya Aditya)

Sementara itu Kapolresta Balikpapan Kombes Pol Turmudi, juga hadir di lokasi kebakaran. Dia ikut membantu BPBD bersama warga untuk memadamkan api.

Kepada awak media, Turmudi mengatakan, belum diketahui apa penyebab kebakaran di Jalan Al Falah ini. Dalam waktu dekat ini, pihaknya akan segera menggelar olah TKP untuk mencari tahu penyebab kebakaran.

“Segera setelah semuanya sudah kondusif kami akan laksanakan olah TKP untuk mengetahui penyebab kebakarannya,” katanya.

Baca Juga: Pengungkapan ‘Warung’ Sabu-sabu di Balikpapan, Ada Polisi Teriak Doyok

Topic:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya