Kapolda Kaltim Diganti, Kapolda Baru Ahli Intelijen

Mantan Kapolda Kaltim gantikan posisi Firli Bahuri

Balikpapan, IDN Times – Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Kaltim, Irjen Pol Priyo Widyanto, berganti. Adalah mantan Kepala Koordinator Staf Ahli (Kakorsahli) Kapolri, Irjen Pol Muktiono, yang kini menduduki kursi orang nomor satu di Polda Kaltim.

Serah terima jabatan (sertijab) keduanya berlangsung di Gedung Bareskrim Polri, Jakarta Selatan, Selasa (19/11) pagi. Pergeseran perwira tinggi Polri ini berdasarkan surat telegram resmi bernomor: 3020/XI/KEP/2019 dan 3019/XI/KEP/2019.

1. Kapolri pimpin sertijab Kapolda baru

Kapolda Kaltim Diganti, Kapolda Baru Ahli IntelijenKepala Polri, Jenderal Pol Idham Azis, memimpin jalannya upacara sertijab. Sumber: Humas Polda Kaltim

Kepala Polri, Jenderal Pol Idham Azis memimpin langsung jalannya upacara sertijab Kapolda Kaltim yang baru dan beberapa perwira tinggi lainnya. Dia kemudian membacakan sumpah dengan diikuti oleh pejabat yang dilantik.

“Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja sebaik-baiknya, dan penuh dengan rasa tanggung jawab,” ucap jenderal bintang empat itu sebagaimana yang dituliskan dalam siaran pers Bidang Humas Polda Kaltim, Rabu (20/11).

Baca Juga: Kasus Kartu SIM Seluler Ilegal, Polda Kaltim Telusuri Penyedia NIK

2. Irjen Pol Muktiono pernah jabat beberapa bidang intelijen

Kapolda Kaltim Diganti, Kapolda Baru Ahli IntelijenUpacara sertijab perwira tinggi Polri di Gedung Bareskrim Polri, Selasa (19/11) pagi. Sumber: Humas Polda Kaltim

Lantas, siapakah Irjen Pol Muktiono? Informasi yang dihimpun IDN Times, alumnus Akpol 1985 itu berpengalaman dalam bidang intelijen.

Dia pernah menjabat beberapa satuan intelijen Polri. Seperti Kanit I Intelkrim Polda Metro Jaya, Wadir Intelkam Polda Jabar, Dir Intelkam Polda Kalteng, Wadir C Baintelkam Polri dan Dir C Baintelkam Polri.

Selain itu, pria kelahiran Surabaya, 19 Agustus 1963, ini juga pernah menjabat beberapa posisi strategis lainnya di tubuh kepolisian. Diantaranya, Kabag Pamsan Polda Jawa Barat, Kapolres Majalengka, Kapolres Cirebon dan Karo Ops Polda Jawa Barat.

3. Irjen Pol Priyo ke Sumatra

Kapolda Kaltim Diganti, Kapolda Baru Ahli IntelijenKapolda Kaltim, Irjen Pol Priyo Widyanto. Sumber: Humas Polda Kaltim

Sementara itu, setelah tak lagi menjabat Kapolda Kaltim, kemanakah Irjen Pol Priyo Widyanto berlabuh?

Dalam siaran pers Bid Humas Polda Kaltim, dijelaskan, Priyo kini menjabat sebagai Kapolda Sumatra Selatan. Di sana dia menggantikan posisi Irjen Pol Firli Bahuri yang kini menjadi Kepala Badan Pemeliharaan Keamanan (Kabaharkam) Polri.

Firli sendiri diketahui bakal menjabat sebagai Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi periode 2019 hingga 2023.

Rencananya, acara pisah sambut Kapolda Kaltim lama dan baru akan digelari di Hotel Grand Senyiur Hotel, Balikpapan, pada Jumat (22/11) nanti.

Baca Juga: Soal Polisi Minta Proyek, Waka Polda Kaltim: Kalau Ada akan Ditindak

Topik:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya