Kapolresta Balikpapan Dimutasi, Berikut Prestasi AKBP Wiwin Firta

Pesan Wiwin: Jadilah polisi bagi diri sendiri

Balikpapan, IDN Times – AKBP Wiwin Firta akan segera mengakhiri jabatannya sebagai Kepala Polresta Balikpapan. Wiwin akan dimutasi sebagai Kepala Bagian Pembinaan Operasional Biro Operasi (Kabag Bin Ops Roops) Polda Kaltim.

Sedangkan penggantinya adalah AKBP Turmudi. Dulunya, Turmudi adalah Wakil Direktur Pembinaan Masyarakat Polda Kaltim. Serah terima jabatan keduanya ini akan berlangsung di Mapolresta Balikpapan pada Jumat (29/11) pagi.

Wiwin telah menorehkan sejumlah prestasi semasa menjabat sebagai Kapolresta Balikpapan. Diketahui, pengabdian Wiwin di instansi kepolisian kota ini dimulai pada 9 September 2017. Saat itu, Polresta Balikpapan masih bernama Polres Balikpapan. Sebelumnya, Wiwin menjabat sebagai Kapolres Malinau, Kalimantan Utara.

1. Pesan Wiwin untuk warga Balikpapan

Kapolresta Balikpapan Dimutasi, Berikut Prestasi AKBP Wiwin FirtaIDN Times/M.Idris

Ditemui di Mapolresta Balikpapan, Wiwin berpesan kepada masyarakat Balikpapan, agar selalu bersama-sama menjaga kekondusifan kota. Dia juga meminta agar warga tidak mudah percaya dengan berita-berita atau isu-isu yang belum terverifikasi kebenarannya. 

“Aktifkan poskamling, jaga kondusifitas daerah bersama TNI dan Polri, jadilah polisi bagi diri sendiri,” ujar lulusan Akpol 1998 itu, Kamis (28/11) siang.

Baca Juga: Antisipasi Kejahatan di Balikpapan, Brimob Gelar Patroli Skala Besar

2. Satu-satunya polres di jajaran Polda Kaltim yang terima WBK

Kapolresta Balikpapan Dimutasi, Berikut Prestasi AKBP Wiwin FirtaAKBP Wiwin Firta saat menerima piagam penghargaan. Sumber: Polresta Balikpapan

Dua tahun lebih mengabdi, sudah banyak prestasi yang ditorehkan Wiwin bersama Polresta Balikpapan. Salah satunya mendapatkan predikat sebagai Polres Wilayah Bebas Korupsi (WBK). Predikat itu disematkan oleh Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB).

“Itu penghargaan pertama yang diterima Polres Balikpapan, satu-satunya polres di jajaran Polda Kaltim yang menerima WBK,” tutur pria berusia 43 tahun ini.

3. Ganti status Polres Balikpapan

Kapolresta Balikpapan Dimutasi, Berikut Prestasi AKBP Wiwin FirtaMarkas Polresta Balikpapan. Sumber: direktorikantorpolisi.wordpress.com

Bukan hanya berhasil mendapatkan predikat WBK. Pada masa jabatannya, Wiwin juga berhasil meningkatkan status Polres Balikpapan menjadi Polresta Balikpapan. Capaian tersebut didapat pada 18 September 2019, sesuai surat Menteri PANRB, bernomor: B/849/M.KT.01/2019.

“Dengan capaian yang didapat Polresta Balikpapan, semoga tidak membuat personelnya cepat puas, tapi harus terus berinovasi untuk terus menciptakan pelayanan bagi masyarakat,” tutup pria kelahiran Mojokerto, 26 Juni 1976, itu.

Baca Juga: Kisah Kapolres Balikpapan: Tak Harus Anak Jenderal Untuk Jadi Polisi 

Topik:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya