Sertijab Kapolresta Balikpapan, Pengamanan Pilwali dan Tambah Polsek

Kapolda resmikan tipe Polresta Balikpapan

Balikpapan, IDN Times – Pucuk pimpinan Kepolisian Resor Kota (Polresta) Balikpapan berganti. AKBP Wiwin Firta, selaku Kepala Polresta Balikpapan digantikan oleh AKBP Turmudi  yang sebelumnya menjabat Wakil Direktur Pembinaan Masyarakat Polda Kaltim. Wiwin kini ditugaskan sebagai Kepala Bagian Pembinaan Operasional Biro Operasi Kepolisian Daerah Kalimantan Timur (Polda Kaltim). 

Serah terima jabatan (sertijab) keduanya berlangsung di halaman Markas Komando Polresta Balikpapan, Jumat (29/11) pagi. Kepala Polda Kaltim, Irjen Pol Muktiono, memimpin langsung jalannya sertijab tersebut.

"Selamat atas jabatan baru yang telah dipercayakan kepada saudara," kata Muktiono dalam sambutannya.

1. Peresmian tipe Polresta Balikpapan

Sertijab Kapolresta Balikpapan, Pengamanan Pilwali dan Tambah PolsekIrjen Pol Muktiono bersama AKBP Wiwin Firta, AKBP Turmudi dan pimpinan daerah lainnya, bersama-sama menekan tombol sirene tanda diresmikannya Polresta Balikpapan. IDN Times/Surya Aditya

Bukan hanya merotasi pimpinan Polresta Balikpapan, dalam kesempatan yang sama, Muktiono juga meresmikan tipe instansi kepolisian kota ini yang baru, dari Polres menjadi Polresta Balikpapan.

Diketahui, peningkatan tipe Polresta Balikpapan ini berdasarkan surat bernomor: B/849/M.KT.01/2019, yang dikeluarkan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB). Surat itu terbit sejak 18 September 2019, dan baru diresmikan hari ini.

Baca Juga: KPU Balikpapan: 25 Ribu Pemilih Pemula  Rentan Hoaks dan Politik Uang

2. AKBP Turmudi siapkan pengamanan Pilwali 2020

Sertijab Kapolresta Balikpapan, Pengamanan Pilwali dan Tambah PolsekIrjen Pol Muktiono menandatangani pegesahan Polresta Balikpapan. Sumber: Humas Polda Kaltim

Turmudi mengatakan, tentu bukan pekerjaan mudah menjabat pimpinan di instansi kepolisian. Terlebih yang dipimpin adalah Polresta. Menurutnya, memimpin Polresta Balikpapan ia pasti akan menjumpai banyak tantangan.

Namun Turmudi mengatakan akan menikmati semua tugas menjadi Kapolresta Balikpapan, tentunya dengan dukungan dari masyarakat. “Mudah-mudahan saya bisa mengemban tugas dengan sebaik-baiknya, didukung oleh Pemda dan elemen masyarakat lainnya,” ucapnya kepada awak media.

Dijelaskan Turmudi, tugas berat Polresta Balikpapan yang sudah ada di depan mata adalah Pemilihan Wali Kota (Pilwali) Balikpapan 2020. Sejak sekarang pihaknya sudah memberikan perhatian khusus untuk pesta demokrasi warga Kota Minyak itu. Sejumlah persiapan pengamanan tengah disusun mulai saat ini.

“Bersiap untuk Pilwali nanti, ya, mudah-mudahan bisa berjalan lancar,” tuturnya.

3. Polresta Balikpapan koordinasi dengan Pemda soal tambah Polsek

Sertijab Kapolresta Balikpapan, Pengamanan Pilwali dan Tambah PolsekIrjen Pol Muktiono melantik AKBP Turmudi sebagai Kapolresta Balikpapan, Jumat (29/11) pagi. Sumber: Humas Polda Kaltim

Selain mempersiapkan pengamanan Pilwali Balikpapan 2020, Turmudi juga tengah mempersiapkan Kepolisian Sektor (Polsek) yang baru di Balikpapan. Yaitu Polsek Balikpapan Kota dan Polsek Balikpapan Tengah, untuk menambah pengamanan di kota ini.

Mengenai rencana tersebut, dia menjelaskan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah (Pemda) setempat. Koordinasi ini membahas soal lahan yang akan dibangun kantor Polsek yang baru.

“Untuk permintaan lahan itu sudah dikoordinasikan dan sudah diajukan ke Pemda. Jadi kami tinggal follow up, sampai di mana perkembangannya,” tutup perwira melati dua di punda itu.

Baca Juga: Kapolresta Balikpapan Dimutasi, Berikut Prestasi AKBP Wiwin Firta

Topik:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya