Wali Kota Balikpapan Usulkan ITK Jadi Proyek Strategis Nasional

Membangun SDM berkualitas untuk ibu kota baru

Balikpapan, IDN Times – Talk show bertajuk "Tantangan Pejuang Inovasi dalam Revolusi Industri 4.0" digelar di Institut Teknologi Kalimantan (ITK),  Balikpapan Utara, pada Kamis (5/9) pagi.

Wali Kota Balikpapan, Rizal Effendi, sangat mengapresiasi talk show  yang digarap oleh mahasiswa-mahasiswi ITK ini. Menurutnya, acara ini sangat membantu dalam menambah wawasan mengenai kemajuan indsutri.

Sebab, industri di Indonesia disebutnya sudah ketinggalan dengan negara lain. Oleh karena itu, Rizal memaparkan, Revolusi Industri 4.0 merupakan gelombang industri yang sangat penting untuk kemajuan peradaban manusia di negara ini.

“Dunia sudah masuk ke 5.0. Jadi ITK yang memang berorientasi teknologi harus sering membuat acara seperti ini,” papar wali kota dua periode itu.

1. Harapkan ITK ambil bagian dalam perkembangan Revolusi Industri 4.0

Wali Kota Balikpapan Usulkan ITK Jadi Proyek Strategis NasionalIDN Times/Surya Aditya

Mahasiswa-mahasiswi ITK, sambung Rizal, harus bisa memajukan industri di Indonesia, terutama industri yang ada di wilayah Kaltim. Salah satu caranya dengan mengambil peranan penting dalam perkembangan Revolusi Industri 4.0 ini.

Sebab, dijelaskannya, selama ini perekonomian di Kaltim mengandalkan hasil sumber daya alam (SDA). Namun tak jarang industri di sektor hilir yang menjadi pengolahan akhir SDA gagal dalam memanfaatkan hasil bumi. Hal inipun membuat negara cukup merugi.

“Nah, kami harapkan ITK dapat membangun peradaban (industri 4.0) itu. Sehingga industri hilir dari SDA di Kalimantan Timur juga berkembang, dan kita bisa mendapat nilai tambah (keuntungan) yang besar dari SDA yang kita miliki,” ungkap Rizal kepada awak media usai mengisi sambutan.

Baca Juga: Antisipasi Pencari Kerja Luar Daerah, Balikpapan Perlu Bangun BLK

2. Upaya Pemkot Balikpapan membangun ITK

Wali Kota Balikpapan Usulkan ITK Jadi Proyek Strategis NasionalIDN Times/Surya Aditya

Menurut Rizal, dirinya sadar betul bahwa ITK sangat penting dalam membangun sumber daya manusia (SDA). Oleh karena itu, Pemkot Balikpapan tidak pernah menutup mata dalam membangun ITK.

Hal itu dibuktikannya dengan memberikan usulan agar pembangunan ITK dijadikan proyek strategis nasional oleh pemerintah pusat. “Dulu saya sudah sampaikan, ketika bertemu Wapres, Pak Jusuf Kalla, hal pertama yang saya ajukan kepada beliau agar ITK dijadikan proyek strategis nasional,” terangnya.

Menurutnya, jika pemerintah pusat telah menetapkan ITK sebagai proyek strategis nasional, maka pembangunan ITK akan lebih cepat dan akan jauh lebih berkualitas. “Sehingga ITK bisa memproduksi SDM yang handal, yang dibutuhkan oleh ibu kota baru kita nanti,” pungkasnya.

3. Permasalahan di ITK, atap bocor hingga soal lahan

Wali Kota Balikpapan Usulkan ITK Jadi Proyek Strategis NasionalIDN Times/Surya Aditya

Sementara itu, Rektor ITK Profesor Budi Santosa Purwokartiko menjelaskan permasalahan yang dihadapi ITK saat ini antara lain gedung belajar mengajar. Tak sedikit gedung di kampus itu mengalami kerusakan. Dia pun mengharapkan pemerintah turun tangan mengatasi permasalahan tersebut.

“Jadi atap-atap kami (gedung ITK) ini ada yang bocor. Jadi kami meminta Pemkot untuk membantu, karena dana kami tidak mencukupi,” katanya kepada wartawan.

Permasalahan lain, tambah Budi, banyak lahan di sekitar kampus telah dimiliki warga, bukan milik pemerintah. Hal ini membuat ITK kesulitan dalam mengembangkan fasilitas kampusnya. “Pembebasan lahan itu persoalannya lahan milik pribadi, jadi kami kesulitan membebaskan lahan,” tandasnya.

Baca Juga: Antisipasi Banjir, Wali Kota Balikpapan Sidak 10 Proyek Drainase 

Topik:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya