Belasan Tahun Berdiri, PDPAU Samarinda Belum Maksimal Sumbang PAD

Hanya ada dua perusda di Samarinda yang rajin setor PAD

Samarinda, IDN Times - Kinerja badan usaha milik daerah (BUMD) di Samarinda belum maksimal. Dari tiga badan usaha, hanya dua yang optimal berikan kontribusi menyumbang pendapatan asli daerah atau PAD, yakni Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Kencana dan Bank Perkreditan Rakyat (BPR). Sementara Perusahaan Daerah Pergudangan dan Aneka Usaha (PDPAU) masih jauh panggang dari api.

“PDPAU ini masih dalam pembenahan. Karena baru direvitalisasi (dihidupkan kembali), sebelumnya bayar gaji pekerjanya saja tidak bisa,” ujar Hermanus Barus, kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Samarinda pada Rabu (14/10/2020) siang.

1. PDPAU sudah berdiri sejak 2008 lalu namun belum maksimal sumbang PAD

Belasan Tahun Berdiri, PDPAU Samarinda Belum Maksimal Sumbang PADIlustrasi (IDN TImes/Ita Malau)

Berdiri sejak 2008 atau 12 tahun lalu, PDPAU sering dirundung persoalan. Meski sudah mandiri, usaha milik daerah ini masih jalan di tempat. Sempat dinyatakan pailit namun proses proses revitalisasi dalam tahap positif, sehingga pihaknya tak terlalu ambil pusing. Utang juga mereka bisa perlahan-lahan bisa dibayarkan. Dan diharapkan ke depannya bisa mandiri, tak harapkan asupan dana dari Pemkot Samarinda lagi lewat APBD.

“Sudah bagus ini, mereka tidak minta tambahan modal. Atau merengek kepada Pemkot,” tuturnya.

Baca Juga: Nenek di Samarinda Bawa Uang Rp15 Juta Ditemukan Tewas

2. Pemkot menunggu PDPAU bangkit kembali dari mati suri

Belasan Tahun Berdiri, PDPAU Samarinda Belum Maksimal Sumbang PADIlustrasi uang (IDN Times/Arief Rahmat)

Target pemkot memang tak muluk-muluk, berharap PDPAU bangkit lebih dulu. Pasalnya sudah sekian lama, perusda ini mati suri. Maklum, banyak aset daerah yang harus dikelola.

“Semua cabang usaha tersebut berpotensi mendongkrak pundi-pundi PAD di Samarinda,” jelasanya.

3. Dua tahun berturut-turut, hanya ada dua perusahaan daerah yang selalu mencapai target

Belasan Tahun Berdiri, PDPAU Samarinda Belum Maksimal Sumbang PADIlustrasi Uang Kas (IDN Times/Arief Rahmat)

Dia menambahkan, dua tahun berturut-turut, hanya ada dua perusahaan yang selalu mencapai target, yakni PDAM Tirta Kencana sebesar Rp8 miliar pada 2019. Sementara tahun ini sebanyak Rp5 miliar. Saat ini yang sudah sampai target PDAM dan BPR.

“Bila tahun lalu, BPR tidak sampai target. Tapi ini baru Oktober. Masih ada dua bulan lalu, November dan Desember. Semoga mereka bisa mencapai target yang diberikan,” pungkasnya.

Baca Juga: Tujuh Bulan Mewabah di Kaltim, Positif COVID-19 Tembus 10.837 Kasus 

Topik:

  • Anjas Pratama

Berita Terkini Lainnya