Enam Bulan Gratis, Tol Balsam Akhirnya Tetapkan Tarif, Ini Rinciannya

Warga diminta mengisi kartu e-toll dengan saldo maksimal

Samarinda, IDN Times - Sepekan kedepan tepatnya 12 Juni 2020, warga Kaltim yang lewati Jalan Tol Balikpapan–Samarinda (Balsam) bakal dikenai tarif. Sebelumnya jalur ini dilewati tanpa biaya selama enam bulan.

“Iya benar (Tol Balsam bertarif), kami sudah dapat edarannya. Saat ini masih sosialisasi,” ucap Manager Area Jasa Marga Tollroad Operation (JMTO) Tol Balsam, Ronny Hendrawan saat dikonfirmasi IDN Times pada Kamis (4/6).

1. Tarif Tol Balsam bakal berlaku sepekan ke depan

Enam Bulan Gratis, Tol Balsam Akhirnya Tetapkan Tarif, Ini RinciannyaJalan tol Balikpapan-Samarinda (Dok. Jasamarga Balikpapan-Samarinda)

Berlakunya biaya untuk jalur bebas hambatan tertuang dalam Keputusan Menteri PUPR Nomor 534/KPTS/M/2020 tentang Penetapan Golongan Kendaraan Bermotor dan Besaran Tarif Tol pada Jalan Tol Balikpapan-Samarinda seksi 2, 3 dan 4 (Samboja-Simpang Pasir dan Jembatan Mahkota II) tertanggal 29 Mei 2020. Itu artinya masih ada sepekan lebih warga diberikan waktu mengisi saldo e-toll.

“Jika boleh isi kartu akses tol dengan saldo maksimal karena tarif tol agak lumayan, biar tak ada kendala saat lewat nanti,” sarannya.

2. Tarif Tol Balsam berbeda berdasarkan jenis kendaraan

Enam Bulan Gratis, Tol Balsam Akhirnya Tetapkan Tarif, Ini RinciannyaPresiden Jokowi meninjau Jalan Tol Balsam (Dok. Kodam VI/Mulawarman)

Mengenai detail tarif, sesuai putusan menteri PUPR maka untuk kendaraan golongan I misalnya, sedan, jip, pikap, dan bus dari Samboja menuju Simpang Pasir dikenakan biaya sebesar Rp75,5 ribu, sementara dari simpang Jembatan Mahkota II dikenakan biaya Rp83,5 ribu. Pun demikian dengan arah sebaliknya.

Selanjutnya, jenis kendaraan golongan II dan III seperti truk dengan 2 dan 3 gandar (poros besi penghubung roda-roda) dari Samboja menuju Simpang Pasir dikenakan biaya Rp113 ribu lalu simpang Jembatan Mahkota II Rp125, 5 ribu.

Begitu juga rute sebaliknya. Terakhir, kendaraan golongan IV dan V, yakni truk dengan 4 dan 5 gandar atau lebih dari arah Samboja menuju Simpang Pasir makan biaya tol sebesar Rp151 ribu dan simpang Jembatan Mahkota II Rp167,5 ribu. Pun demikian arah sebaliknya.

“Untuk mengisi saldo e-toll bisa di mana saja. Biasanya toko kelontong modern, jika tak sempat kami juga menyediakan top-up untuk sementara. Sedia payung sebelum hujan lah,” sebutnya.

Baca Juga: Tol Balsam Makan Korban Lagi, Satu Keluarga Dilarikan ke Rumah Sakit

3. Tak punya kartu e-toll, pengendara siap-siap disuruh mundur

Enam Bulan Gratis, Tol Balsam Akhirnya Tetapkan Tarif, Ini RinciannyaSalah satu jembatan di jalan tol Balikpapan-Samarinda (Dok. Wika Beton)

Lantaran masih ada waktu, Ronny kembali menegaskan agar warga yang biasa menggunakan Jalur Tol Balsam selama enam bulan ini agar segera mengisi saldo. Jika tidak ada konsekuensinya.

“Kalau gak ada kartu (e-toll) kami suruh mundur, jadi segera disiapkan,” tutupnya.

Baca Juga: Dua Jenderal di Kaltim Jajal Tol Balsam dengan Bersepeda

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya