Kabar Baik! Kaltim Dapat 2 Juta Lebih Vaksin Virus Corona di Desember

Masyarakat Kaltim diminta tak takut menggunakan vaksin

Samarinda, IDN Times - Penyebaran virus corona atau COVID-19 di Kaltim memang belum selesai. Hingga kini masih terjadi, itu sebab warga selalu diminta berjaga dengan taat protokol kesehatan (prokes). Syukurnya waswas itu kini bisa berkurang dengan adanya vaksin pada Desember mendatang.

“Sesuai surat Kementerian Kesehatan, Provinsi Kaltim akan menerima 2,2 juta vaksin COVID-19,” ujar Padilah Mante Runa, kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Kaltim saat dikonfirmasi pada Senin (16/11/2020) petang.

1. Sosialisasi soal vaksin bakal dilakukan ke 10 kabupaten/kota di Kaltim

Kabar Baik! Kaltim Dapat 2 Juta Lebih Vaksin Virus Corona di DesemberKepala Dinas Kesehatan Kaltim, dr Padilah Mante Runa (Dok. Humas Pemprov Kaltim/istimewa)

Saat ini pihaknya bakal sosialisasi dan identifikasi data masyarakat yang bakal menerima vaksin virus corona. Meski demikian sasarannya sudah ditetapkan. Berasal dari ragam golongan. Baik  itu pemerintah, TNI dan Polri, penerima bantuan iuran (PBI) berusia dari 18-59 tahun. Nantinya data yang diperlukan sesuai dengan nama dan alamat domisili. Pasalnya sosialisasi ini bakal menyasar 10 kabupaten/kota di Kaltim.

“Saat ini Diskes memerlukan data dari kabupaten dan kota. Kalau data cepat diterima, maka akan lebih mudah merealisasikan vaksinnya,” sebutnya.

Baca Juga: Anda Warga Kota Tepian? Ini 9 Wali Kota di Samarinda dari Masa ke Masa

2. Warga jangan pernah takut untuk vaksin virus corona

Kabar Baik! Kaltim Dapat 2 Juta Lebih Vaksin Virus Corona di DesemberRelawan Indonesia Bersatu Lawan COVID-19 melakukan tes cepat COVID-19 (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

Dengan adanya vaksin ini, kata dia, masyarakat yang terdaftar oleh pemerintah setempat bisa menerima dan jangan takut diberikan vaksin. Besar harapan vaksin ini mencegah penularan virus corona di tengah warga.

“Dan yang paling penting di tengah keluarga,” tuturnya.

3. Masyarakat jangan anggap remeh COVID-19 tetap taat dengan prokes 3M

Kabar Baik! Kaltim Dapat 2 Juta Lebih Vaksin Virus Corona di DesemberBeleid Pemerintah untuk Basmi COVID-19 (IDN Times/Sukma Shakti)

Dia juga menambahkan, agar warga tak pernah menganggap remah virus corona. Tetap taat dengan protokol kesehatan. Terlebih saat berada di luar rumah. Dengan menerapkan prokes penyebaran wabah bisa dicegah. Mudah saja, mulai dari memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.

“Mari menjaga diri dan sesama,” tutupnya.

Baca Juga: Waduh! 3.771 Millennial di Samarinda Belum Punya KTP Elektronik

Topik:

  • Anjas Pratama

Berita Terkini Lainnya