Kabar Baik! Sudah 310 Orang di Kaltim Berhasil Sembuh dari COVID-19

Kini tersisa 91 orang yang jalani perawatan di rumah sakit

Samarinda, IDN Times – Angka pasien positif virus corona atau COVID-19 di Kaltim berkurang drastis pada Kamis (18/6). Dari 405 orang terkonfirmasi kini tersisa 91 pasien jalani perawatan di rumah sakit. Dalam dua pekan terakhir jumlah pasien sembuh kian banyak.

“Ada 18 pasien sembuh, sementara yang terkonfirmasi positif hanya 8 orang saja,” ujar Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kaltim, Andi Muhammad Ishak dalam keterangan pers hariannya pada Kamis (18/6) petang.

1. Pasien sembuh paling banyak berasal dari Berau

Kabar Baik! Sudah 310 Orang di Kaltim Berhasil Sembuh dari COVID-19Pelaksana tugas Kepala Dinas Kesehatan (Diskes), Andi Muhammad Ishak dalam keterangan persnya pada Selasa (24/2) di Gedung Serba Guna Diskes Kaltim, Jalan Abdul Wahab Sjahranie (IDN Times/Yuda Almerio)

Lebih lanjut dia menerangkan, pasien sembuh ini berasal dari empat daerah. Terbanyak dari Berau dengan 12 orang tahir dari corona. Sebagian besar pasien sembuh berasal dari klaster Gowa. Selanjutnya disusul Balikpapan dengan 3 pasien sembuh, Kutai Timur 2 orang dan Paser 1 pasien. Dengan demikian ada 310 pasien sembuh.

“Semua pasien sembuh ini telah dua kali lakukan swab dan hasilnya negatif. Dokter penanggung jawab juga telah mengonfirmasi jika semua pasien dalam keadaan baik,” jelasnya.

2. Sebagian besar pasien positif baru berasal dari kategori OTG

Kabar Baik! Sudah 310 Orang di Kaltim Berhasil Sembuh dari COVID-19Ilustrasi APD (IDN Times/Candra Irawan)

Sementara itu untuk 8 pasien positif baru berasal dari enam daerah di Kaltim, detailnya begini: Paser, Kutai Barat, Samarinda dan Kutai Timur masing-masing satu kasus sementara Bontang lalu Kutai Kartanegara terkonfirmasi dua kasus baru. Sejumlah kasus diketahui berasal dari orang tanpa gejala (OTG), pasien dalam pengawasan (PDP) serta kategori orang dalam pengawasan (ODP).

“Sebagian besar asalnya dari OTG, ada pula yang punya penyakit penyerta hipertensi,” imbuh pelaksana tugas kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Kaltim ini.

Baca Juga: Mau Masuk Kaltim? Wajib Miliki Keterangan Tes PCR dengan Hasil Negatif

3. Meski pasien sembuh tambah banyak, tetap terapkan protokol kesehatan

Kabar Baik! Sudah 310 Orang di Kaltim Berhasil Sembuh dari COVID-19Ilustrasi tenaga medis sebagai garda terdepan menghadapi pasien positif COVID-19. (IDN Times/Candra Irawan)

Selanjutnya untuk tiga kategori juga ikut alami pertambahan. ODP misalnya, jumlahnya kini capai 11.739 kasus. Dari belasan kasus ini sebanyak 11.155 sudah jalani pemantauan, tersisa 584 orang masih dalam tahap observasi. Lalu PDP juga bertambah, totalnya 814 kasus dan terakhir OTG yang kini menjadi 1.455 kasus.

“Dengan pertambahan kasus ini warga seharusnya lebih waspada, tapi di sisi lain juga bersyukur karena pasien sembuh semakin banyak. Ingat selalu terapkan protokol kesehatan,” pungkasnya.

Baca Juga: Dua Pasien Terakhir Klaster Gowa di PPU Kaltim Sembuh dari COVID-19

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya