Kasus COVID-19 di Kaltim Selasa 16 Juni: 10 Positif Baru, 14 Sembuh

Sekarang tersisa 112 pasien saja yang dirawat di rumah sakit

Samarinda, IDN Times - Kasus penularan virus corona atau COVID-19 di Kalimantan Timur masih terjadi. Per Selasa (16/6), ada 10 pasien baru terkonfirmasi positif. Di sisi lain terdapat 14 pasien yang dinyatakan sembuh

“Dengan demikian total kasus positif di Kaltim mencapai 392 orang,” ujar Andi Muhammad Ishak, jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kaltim dalam keterangan persnya pada Selasa malam.

1. Kasus positif COVID-19 baru paling banyak dari Balikpapan

Kasus COVID-19 di Kaltim Selasa 16 Juni: 10 Positif Baru, 14 SembuhPelaksana tugas Kepala Dinas Kesehatan (Diskes), Andi Muhammad Ishak dalam keterangan persnya pada Selasa (24/2) di Gedung Serba Guna Diskes Kaltim, Jalan Abdul Wahab Sjahranie (IDN Times/Yuda Almerio)

Dia menerangkan, penambahan 10 kasus positif baru ini berasal dari tiga daerah, yakni Kutai Barat 1 kasus, Samarinda 3 pasien terkonfirmasi dan terbanyak dari Balikpapan sebanyak 6 orang. Dari 10 kasus ini hanya 2 kasus yang berasal pasien dalam pengawasan (PDP) COVID-19.

“Delapan kasus lainnya merupakan orang tanpa gejala (OTG). Ini harus waspada karena kategori ini tak ada memiliki ciri-ciri penderita COVID-19,” imbuh pelaksana tugas kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Kaltim ini.

2. Pasien sembuh terus bertambah, tersisa 112 orang yang dirawat di rumah sakit

Kasus COVID-19 di Kaltim Selasa 16 Juni: 10 Positif Baru, 14 SembuhIlustrasi swab test. IDN Times/Debbie Sutrisno

Seiring penambahan kasus positif, kata dia, angka pasien sembuh juga ada jumlahnya 14 orang. Berasal dari empat daerah, yakni Kutai Kertanegara 1 pasien, Paser 3 orang yang dilaporkan sembuh, kemudian Samarinda serta Balikpapan masing-masing 5 pasien sembuh. Dengan angka tersebut, kasus positif turun dan tersisa 112 pasien saja yang dirawat.

“Catatan ini menjadi angin segar bagi Kaltim yang masih berkutat dengan kasus-kasus positif baru. Mudah-mudahan pasien sembuh terus bertambah,” harapnya.

Baca Juga: Bertambah 4 Pasien, Total Positif COVID-19 di Kaltim Capai 382 Kasus

3. Kategori OTG di Kaltim sudah mencapai 1.398 kasus

Kasus COVID-19 di Kaltim Selasa 16 Juni: 10 Positif Baru, 14 SembuhPetugas mengecek proses swab test yang baru dilakukan dari seorang tenaga medis. IDN Times/Candra Irawan

Andi menuturkan, tak hanya pasien sembuh dan positif yang bertambah tapi juga orang dalam pemantauan (ODP) yang jumlahnya kini menjadi 11.489 kasus. Dari belasan ribu ini sebanyak 10.978 ODP selesai jalani masa observasi, dengan demikian tersisa 511 masuk pemantauan. Pun demikian dengan PDP bertambah menjadi 808 kasus. Terakhir dari OTG sebanyak 1.398 kasus.

“Bertambahnya kasus ini jadi bukti penularan virus corona masih terjadi, karena itu warga harus waspada dan tetap taat protokol kesehatan,” pungkasnya.

Baca Juga: Naik Jadi 378 Kasus, Total Positif COVID-19 di Kaltim Terus Bertambah

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya