Naik Jadi 378 Kasus, Total Positif COVID-19 di Kaltim Terus Bertambah

Sebagian besar kasus positif berasal dari kategori OTG

Samarinda, IDN Times - Angka pasien positif virus corona atau COVID-19 di Kaltim kembali bertambah. Kini totalnya menjadi 378 kasus. Meski pertambahan tak signifikan, bukan berarti warga berhenti waspada.

“Hari ini bertambah 2 kasus, sebelumnya ada 3 pasien yang terkonfirmasi COVID-19. Ingat jangan lupa protokol kesehatan,” ucap kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kaltim, Andi Muhammad Ishak saat dikonfirmasi pada Ahad (14/6) petang.

1. Masih ada 810 sampel yang diproses di laboratorium, warga Kaltim harus waspada

Naik Jadi 378 Kasus, Total Positif COVID-19 di Kaltim Terus BertambahAndi Muhammad Ishak, pelaksana tugas Kepala Dinas Kesehatan Kaltim (IDN Times/Yuda Almerio)

Potensi pertambahan kasus positif COVID-19 memang selalu mengkhawatirkan, sebab hingga saat ini masih ada 810 sampel yang diproses di laboratorium. Inilah yang menjadi alasan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 minta warga Kaltim waspada. Bukan tak mungkin terjadi ledakan kasus jika semua sampel positif.

“Inilah yang tak diinginkan. Karena itu kami selalu minta warga selalu waspada. Kita memang dituntut bisa berdampingan dengan corona, tapi bukan berarti abai. Lebih-lebih saat ini sejumlah daerah telah menerapkan pelonggaran,” imbuhnya.

2. Angka pasien sembuh lebih tinggi dari positif COVID-19

Naik Jadi 378 Kasus, Total Positif COVID-19 di Kaltim Terus BertambahIlustrasi COVID-19 (IDN Times/Debbie Sutrisno)

Seiring pertambahan kasus positif virus corona, angka pasien sembuh juga naik. Pada Ahad ini ada 12 orang lagi yang dinyatakan sembuh dari virus ini. Paling banyak berasal dari Berau, 8 pasien. Selanjutnya, Balikpapan 2 orang dan Kutai Kartanegara dan Kutai Barat berbagi 1 kasus. Dengan demikian sudah 261 warga Kaltim yang sembuh dari COVID-19.

“Tersisa 113 pasien yang jalani isolasi dan perawatan,” imbuhnya.

Baca Juga: Dinkes Kaltim Sebut Positif COVID-19 dari Surabaya Bukan Pasien PPU 

3. Dua pekan terakhir, sebagian besar pasien positif berasal dari OTG

Naik Jadi 378 Kasus, Total Positif COVID-19 di Kaltim Terus BertambahIlustrasi swab test. IDN Times/Debbie Sutrisno

Khusus kategori orang dalam pemantauan (ODP) juga alami pertambahan, kini totalnya 11.438 kasus, dari jumlah itu 10.897 orang sudah jalani pemantauan sehingga tersisa 541 ODP yang masih jalani proses. Syukurnya pasien dalam pengawasan (PDP) tak alami kenaikan, jumlahnya tetap 799 kasus. Tapi tidak untuk orang tanpa gejala (OTG), jumlahnya naik jadi 1.300 kasus. Dan ingat dua pekan terakhir, kata Andi, sebagian besar kasus berasal dari OTG.

“Khusus kategori ini tak ada gejala COVID-19, terlihat sehat seperti kebanyakan orang. Makanya kami minta warga tetap waspada. Pakai masker saat di luar rumah, cuci tangan dan ingat perilaku hidup bersih sehat (PHBS),” pungkasnya.

Baca Juga: Kasus Kian Bertambah, Kaltim Hadapi Ancaman Gelombang Kedua COVID-19

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya