Makmur HAPK Pimpin Sementara DPRD Kaltim

AKD bakal lengkap dalam dua pekan

Samarinda, IDN Times - Sejumlah wajah baru bakal menghiasi panggung politik di Kaltim.

Dari 55 anggota DPRD Kaltim periode 2019-2024 yang dilantik pada Senin (2/9) oleh Pengadilan Tinggi Kaltim, 34 di antaranya merupakan figur baru yang belum pernah duduk sebagai wakil rakyat Benua Etam.

Sisanya, 21 orang ialah mereka mereka yang sudah beberapa kali merasakan kursi legislator.

1. Golkar Kaltim masih berkuasa

Makmur HAPK Pimpin Sementara DPRD KaltimIDN Times/Yuda Almerio

Walau demikian, parpol yang memperoleh kursi di DPRD Kaltim di Pemilu 2019 tak jauh berbeda dengan kontestasi demokrasi lima tahun lalu.

Namun jumlah perolehan kursi parpol mengalami sedikit perubahan. Partai Golkar misalnya, pada pemilihan legislatif (Pileg) 2014, partai berlambang Beringin tersebut mendapat 14 kursi, namun Pileg 2019, Golkar harus rela kehilangan dua kursi. Namun tetap saja Golkar kukuh mempertahankan 12 kursi dan punya peluang usulkan unsur pimpinan.

Sementara itu, PDIP bisa menambah satu kursi yang sebelumnya 10 kini menjadi 11 kursi.

Pun demikian dengan Gerindra. Partai yang dikomando oleh Prabowo Subianto ini menerima tambahan dua kursi. Pada pileg sebelumnya partai tersebut mendapat enam kursi.

Kini Gerindra mengantongi 8 kursi. Sedangkan PAN dan PKB mengumpulkan 5 kursi, senada dengan PKS bersama PPP dengan 4 kursi. Lalu dari Demokrat, 3 kursi, NasDem, 2 kursi dan Hanura harus sabar dengan satu kursi.

Baca Juga: Ini 3 Nama Calon Wakil Ketua DPRD Balikpapan dari PDIP

2. Makmur HAPK dipilih menjadi pimpinan sementara

Makmur HAPK Pimpin Sementara DPRD KaltimIDN Times/Yuda Almerio

Akhirnya, dalam paripurna tersebut, Makmur HAPK dipilih menjadi pimpinan sementara para legislator parlemen Karang Paci.

Sementara wakilnya, Muhammad Samsun dari PDIP. Sebagai informasi, Makmur HAPK adalah mantan Bupati Kabupaten Berau dua periode 2005-2010 dan 2010-2015.

Saat ini menjabat sebagai ketua Harian DPD Partai Golkar Kaltim, Makmur juga merupakan kader senior. Pada pemilihan legislatif tahun ini, dia mendapat 38.211 suara.

Paling banyak dibanding 54 anggota parlemen terpilih di Karang Paci. Pengusulan nama Makmur telah disampaikan DPD Partai Golkar Kaltim sejak 30 Agustus 2019. Sedangkan nama M. Samsun diusulkan DPD Partai Golkar Kaltim pada 21 Agustus 2019.

Sementara M. Samsun, sebelumnya menjabat wakil ketua DPRD Kaltim. Di Partai PDI Perjuangan, Samsun menjabat bendahara DPW Partai PDI Perjuangan Kaltim. Samsun sebelumnya maju melalui dapil Kutai Kartanegara.

Keduanya akan menjabat hingga terbentuknya alat kelengkapan dewan (AKD), mulai dari komisi, badan anggaran (bangar), fraksi, dan ditunjuknya pimpinan DPRD definitif.

Dikonfirmasi, Makmur mengatakan, tak terlalu banyak tugas karena posisinya hanyalah sementara. Walau begitu, dalam waktu 20 hari ke depan dia akan berusaha menyelesaikan tugas yang diberikan, yakni merampungkan AKD, tata tertib dewan dan selanjutnya mengajukan pimpinan definitif. "

Saya rasa bisa lebih cepat, karena waktunya hanya 20 hari," ujarnya saat ditemui usai pelantikan (2/9)

3. Makmur berpeluang jadi pimpinan definitif

Makmur HAPK Pimpin Sementara DPRD KaltimIDN Times/Yuda Almerio

Dia menerangkan untuk urusan tata tertib anggota dewan tak banyak berubah, sebab pihaknya melakukan silaturahmi sehari sebelum pelantikan, dari situ tak banyak perubahan yang berarti.

"Keputusan dewan ini kan produknya kebersamaan bukan individual," ujarnya.

Dibanding 54 anggota DPRD lainnya, lanjutnya, suara Makmur paling banyak. Dengan demikian peluang untuk menjadi pimpinan definitif terbuka lebar. Namun begitu, Makmur menyerahkan sepenuhnya dengan keputusan pusat.

"Saya enggak tahu mudahan Allah memberikan izin, saya serahkan semuanya ke pusat. Kalau diberikan amanah saya selalu siap," terangnya.

Selain Makmur, awal Agustus lalu sejumlah kader dari Beringin juga diusulkan ke DPP Golkar untuk urusan pimpinan mereka adalah M. Syahrun, Mahyunadi, Sarkowi V. Zahry dan Andi Harahap.

"Pokoknya kita tunggu keputusan pusat," pungkasnya.

Baca Juga: Mahasiswa Menyusup saat Pelantikan, Minta Dewan Tak Tidur saat Rapat

Topik:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya