Paser Segera Menyusul 3 Zona Merah Penyebaran COVID-19 di Kaltim

Transmisi lokal masih mendominas kasus positif corona Kaltim

Samarinda, IDN Times - Penambahan angka positif virus corona atau COVID-19 di Kalimantan Timur belum berhenti. Trennya terus menanjak naik. Akumulasi kasus di Benua Etam ini pun menjadi 1.250.

“Ada penambahan 66 pasien positif baru,” ujar Andi Muhammad Ishak, juru bicara Satgas Penanganan COVID-19 Kaltim dalam rilis hariannya pada Selasa (28/7/2020) petang.

1. Transmisi lokal masih mendominasi kasus positif COVID-19 baru di Kaltim

Paser Segera Menyusul 3 Zona Merah Penyebaran COVID-19 di KaltimAndi Muhammad Ishak, pelaksana tugas Kepala Dinas Kesehatan Kaltim (IDN Times/Yuda Almerio)

Puluhan kasus positif corona ini menyebar di enam daerah. Tiga daerah berbagi jumlah yang sama, 16 kasus yakni Balikpapan, Kutai Kartanegara dan Paser. Menyusul Samarinda dengan 11 pasien positif baru, lalu Kutai Timur 6 kasus dan terakhir dari Kutai Barat 1 kasus pasien positif corona. Sebagian besar kasus baru berasal dari transmisi lokal. Itu artinya punya riwayat kontak dari pasien positif sebelumnya.

“Para pasien ada yang jalani karantina mandiri juga di rumah sakit,” imbuhnya.

2. Paser segera menyusul tiga daerah lainnya yang berstatus zona merah penyebaran virus corona

Paser Segera Menyusul 3 Zona Merah Penyebaran COVID-19 di KaltimIlustrasi pengambilan sampel swab tenggorokan. IDN Times/Debbie Sutrisno

Bila melihat dari akumulasi positif COVID-19, jumlah kasus di Paser sudah mencapai 107. Namun bila dikurangi dengan pasien sembuh menjadi 44 kasus positif saja yang jalani perawatan. Meski demikian total itu hanya terpaut tujuh kasus, maka Paser bisa menyusul tiga daerah lainnya di Kaltim yang lebih dahulu masuk zona merah. Balikpapan, Samarinda dan Kutai Kartanegara. Ketiganya memiliki positif COVID-19 di atas 51 kasus. Saat ini Paser menyandang status zona oranye. Ditetapkan sejak 26 Juli 2020.

“Kondisi saat ini di Kaltim cenderung meningkat. Belum menunjukkan tanda-tanda menurun,” tegas Andi.

Baca Juga: Waspada! Balikpapan Masuk Zona Merah Penyebaran Virus Corona

3. Masih ada 414 pasien positif COVID-19 jalani perawatan

Paser Segera Menyusul 3 Zona Merah Penyebaran COVID-19 di KaltimIlustrasi bekerja memakai masker. (IDN Times/Panji Galih Aksoro)

Meski demikian, penambahan 66 kasus positif ini juga diikuti oleh 34 pasien sembuh dari COVID-19. Terbanyak dari Balikpapan dengan 18 pasien tahir dari corona, lalu disusul oleh Samarinda yakni 10 kasus, setelahnya ada juga dari Paser dengan 5 pasien dan terakhir dari Kutai Timur 1 kasus. Dengan demikian dari akumulasi positif 1.250 kasus sebanyak 808 pasien alami kesembuhan, meninggal dunia 28 orang dan masih dirawat 414 kasus.

“Sebaiknya warga menjaga diri supaya tidak tertular oleh siapa pun. Karena kita tidak mengetahui, bahkan orang terdekat kita bisa saja membawa virus ini,” pungkasnya.

Baca Juga: 3 Zona Merah COVID-19 di Kaltim, Balikpapan Tertinggi Kasus Positif 

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya