Raih 102.592 Suara, Andi Harun-Rusmadi Jawara Pilkada Samarinda

Paslon Andi Harun-Rusmadi berhasil kuasai enam kecamatan

Samarinda, IDN Times - Pungkas sudah pleno rekapitulasi surat suara di Samarinda. Pasangan calon (paslon) Andi Harun-Rusmadi tetap keluar sebagai jawara Pilkada Samarinda. Kandidat nomor urut dua ini kukuh di puncak dengan raihan 102.592. Sedangkan pesaing terdekatnya paslon, Zairin Zain-Sarwono mengumpulkan suara 98.245. Terakhir nomor urut satu, Muhammad Barkati-Darlis Patolongi dapat dukungan 83.243 suara.

“Alhamdulillah pleno sudah selesai. Hasil pleno rekapitulasi paslon nomor urut dua unggul 102.592 suara,” ujar Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Samarinda, Firman Hidayat saat dikonfirmasi pada Kamis (17/12/2020) sore.

1. Paslon yang keberatan diberikan ruang untuk ajukan gugatan ke MK

Raih 102.592 Suara, Andi Harun-Rusmadi Jawara Pilkada SamarindaIlustrasi Pilkada Serentak 2020 (IDN Times/Arief Rahmat)

Meski unggul posisi, sebut Firman, namun keadaan tersebut masih berubah seiring upaya-upaya hukum yang ditempuh oleh para kandidat. Saat ini paslon yang mendekati suara pasangan Andi-Rusmadi ialah Zairin-Sarwono. Kedua kandidat tersebut selisih 4.347 dukungan. Bila hendak mengadu selisih suara ke Mahkamah Konstitusi atau MK, jendela kesempatan selalu terbuka. Dan KPU Samarinda pun menjamin hal tersebut.

“Silakan menggunakan mekanisme gugatan. Sementara dugaan pelanggaran pidana, paslon dapat melaporkan ke Bawaslu,” imbuhnya.

Baca Juga: Satu Kaki Paslon Andi Harun-Rusmadi Sudah Masuk Balai Kota Samarinda

2. Partisipasi pemilih Samarinda jauh dari target nasional

Raih 102.592 Suara, Andi Harun-Rusmadi Jawara Pilkada SamarindaKetua KPU Samarinda, Firman Hidayat usai wawancara di Hotel Mercure Samarinda pada 21 Juli 2020 (IDN Times/Yuda Almerio)

Kendati begitu, data rekapitulasi suara memang berkata beda. Enam dari sepuluh kecamatan di Samarinda dipegang oleh paslon Andi-Rusmadi. Persisnya Kecamatan Sambutan, Loa Janan Ilir, Samarinda Ilir, Palaran, Samarinda Utara dan Sungai Pinang. Sedangkan tiga kecamatan lainnya dikuasai oleh paslon Zairin-Sarwono, yakni Samarinda Kota, Sungai Kunjang dan Samarinda Ulu. Sementara Muhammad Barkati-Darlis Pattalongi hanya unggul di Samarinda Seberang.

“Untuk partisipasi pemilih mencapai 51,82 persen dari target nasional 77,5 persen,” tegasnya.

3. Tak mudah laksanakan pilkada di tengah wabah corona

Raih 102.592 Suara, Andi Harun-Rusmadi Jawara Pilkada SamarindaIlustrasi pilkada serentak (IDN Times/Mardya Shakti)

Dia juga mengapresiasi kinerja petugas. Baik itu aparat yang mengamankan jalannya pleno maupun semua staf di KPU. Pasalnya pilkada tahun ini memang beda. Bekerja di tengah wabah itu tak mudah. Terbukti dua komisioner dan sekretaris terjangkit virus corona atau COVID-19.

“Kami harap semua berlangsung dengan aman dan nyaman,” pungkasnya.

Baca Juga: Waduh! Susul Sekretaris, Dua Komisioner KPU Samarinda Positif COVID-19

Topik:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya