Vaksinasi COVID-19 Tahap Dua Bakal Sasar Semua Pedagang di Kaltim

Para vaksinator COVID-19 akan turun langsung ke pasar

Samarinda, IDN Times - Pemberian vaksinasi pandemik virus COVID-19 tahap pertama telah pungkas dilaksanakan di Kalimantan Timur (Kaltim). Selanjutnya, pemerintah provinsi segera menggelar vaksinasi tahap kedua pada bulan Maret-April nanti.

Sasarannya adalah PNS, TNI, Polri, pedagang, pendidik, tokoh agama, hingga wakil rakyat.

“Nanti kami akan jemput bola dalam pelaksanaannya,” ujar Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Kaltim dr Padilah Mante Runa, Rabu (17/2/2021).

1. Akumulasi positif COVID-19 Kaltim tembus 50 ribu kasus

Vaksinasi COVID-19 Tahap Dua Bakal Sasar Semua Pedagang di KaltimKepala Dinas Kesehatan Kaltim, dr Padilah Mante Runa (Dok. Humas Pemprov Kaltim/istimewa)

Baca Juga: Kabar Baik! Angka Kesembuhan Pasien COVID-19 Kaltim Kembali Melonjak

Hingga kini kondisi penyebaran virus corona atau COVID-19 di Kaltim memang tak bisa dibendung. Saban hari ada tambahan kasus baru positif terpapar. 

Hari Rabu ini saja ada 452 tambahan kasus baru.

Dengan tambahan ini akumulasi positif COVID-19 Kaltim melonjak menjadi 50.308 kasus. Meski demikian angka sembuh ikut bertambah sebanyak 414 kasus.

Walhasil pasien sembuh di provinsi ini menjadi 40.866 orang. Menyisakan 8.252 pasien dalam perawatan. Baik mandiri maupun di rumah sakit.

Sayangnya 1.190 pasien di antaranya tak bisa diselamatkan. Sehingga wajar vaksinasi begitu diperlukan. Termasuk di pasar yang kerap mengundang kerumunan.

“Cakupan vaksinasi tahap dua ke pasar ini akan lebih efektif dan efisien,” ungkap Padilah.

2. Metode jemput bola sangat efektif bagi para pedagang di pasar

Vaksinasi COVID-19 Tahap Dua Bakal Sasar Semua Pedagang di KaltimPedagang bawang di Pasar Segiri Samarinda, IDN Times (IDN Times/Yuda Almerio)

Padilah mengatakan, penempatan vaksinator di pasar adalah upaya terbaik, khususnya bagi para pedagang. Strategi ini untuk menyiasati kesibukan para pedagang. 

Lain cerita jika vaksinator bertandang ke pasar. Metode jemput bola ini jarang ditolak. Nantinya mereka bisa menitipkan dagangan dan menjalani vaksinasi.

“Sebab bisa bergantian dengan sesama pedagang,” katanya.

3. Vaksin tahap dua langsung diterbangkan dari pusat menuju daerah

Vaksinasi COVID-19 Tahap Dua Bakal Sasar Semua Pedagang di KaltimIlustrasi Pasar (IDN Times/Besse Fadhilah)

Padilah menambahkan, sebelum vaksinasi nanti tentu ada sosialisasi agar pedagang atau penerima imun tak terkejut. Pengumuman itu akan diberikan kepada seluruh pasar di kabupaten/kota di Kaltim.

Tak hanya itu, pelaksanaan vaksinasi tahap kedua tidak sama dengan yang pertama. Sebelumnya vaksin dikirim ke provinsi  dan disalurkan ke kabupaten/kota.

“Tahap kedua nanti langsung ke fasilitas kesehatan (faskes) dan ini betul-betul top down (langsung dari pusat). Vaksin diperkirakan tiba minggu depan. Jumlahnya 58 ribuan lebih,” tuturnya. 

Baca Juga: Awas Bawa Petaka, Satgas Minta Warga Kaltim Tidak Remehkan COVID-19

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya