Waspada! Angka Positif COVID-19 di Kaltim Tembus 12 Ribu Kasus

Kabar baik, tingkat kesembuhan juga hampir 75 persen

Samarinda, IDN Times - Angka positif COVID-19 di Kaltim terus menanjak naik hingga kini melewati 12 ribu kasus. Meski demikian, tren kesembuhan juga dilaporkan ikut meninggi. Pada Selasa, 20 Oktober 2020, Satgas Penanganan COVID-19 Kaltim, mengumumkan tambahan 68 kasus positif virus corona di Benua Etam.

“Terdiri dari 1 kasus di Kutai Barat, Balikpapan 15 kasus, Bontang 11 kasus, dan Samarinda 41 kasus. Membuat kasus akumulatif positif virus corona di Kaltim telah mencapai 12.038,” ujar Andi Muhammad Ishak, juru bicara Satgas Penanganan COVID-19 Kaltim dalam rilis hariannya pada Selasa (20/10/2020) petang.

1. Persentase tingkat kesembuhan dari COVID-19 mulai mendekati 75 persen

Waspada! Angka Positif COVID-19 di Kaltim Tembus 12 Ribu KasusAndi Muhammad Ishak, juru bicara Satgas Penanganan COVID-19 Kaltim/Sekretaris Dinas Kesehatan Kaltim (IDN Times/Yuda Almerio)

Sementara tingkat kesembuhan kembali naik ke angka 74,5 persen dari sehari sebelumnya 73,7 persen. Peningkatan tak lepas dari kasus dinyatakan sembuh hari ini sebanyak 145 orang. Jauh lebih banyak daripada jumlah terkonfirmasi positif. Dengan perincian 6 orang sembuh dari Kutai Barat, Paser 23 kasus, Penajam Paser Utara 2 kasus, Balikpapan 30 kasus, dan Samarinda 84 kasus. Sedangkan pasien meninggal dunia, hari ini tidak ada laporan.

“Sehingga jumlah kematian positif COVID-19 di Kaltim tetap 440 atau 3,7 persen dari total kasus terkonfirmasi positif,” tuturnya.

Baca Juga: Dua Rencana Proyek Besar di Balikpapan Masih Tertahan di DPRD Kaltim

2. Ada perbedaan data Satgas COVID-19 Kaltim dengan kabupaten

Waspada! Angka Positif COVID-19 di Kaltim Tembus 12 Ribu KasusIlustrasi tes swab. (IDN Times/Candra Irawan)

Dengan demikian, jumlah pasien atau kasus COVID-19 masih menjalani perawatan maupun isolasi mandiri di Kaltim saat ini sebanyak 2.628 orang. Berkurang 77 kasus dari hari sebelumnya. Mengacu rilis Tim Satgas Kaltim tersebut, tak satupun kasus terlapor dari Kutai Kartanegara (Kukar). Sementara berdasar rilis Tim Satgas Kukar yang diterima IDN Times pada Selasa malam, dilaporkan 24 kasus terkonfirmasi positif dan 10 orang dilaporkan sembuh.

Disebutkan Plt Bupati Kukar Chairil Anwar, sebagaimana disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kukar dr. Martina Yulianti, hingga hari ini kasus positif di Kukar telah mencapai 1.915 orang. Terdiri dari 1905 kasus baru, 10 kasus reinfeksi, dengan rincian 717 orang menjalani isolasi, dan 1.163 telah sembuh. Sedangkan 35 lainnya meninggal dunia dan 3 kasus probable.

“Selalu saya mengajak masyarakat Kukar agar dengan penuh kesadaran melakukan upaya pencegahan dan pemutusan mata rantai penularan COVID-19,” terang dr. Martina.

3. Hindari penularan dengan tak pergi ke daerah terpapar virus corona

Waspada! Angka Positif COVID-19 di Kaltim Tembus 12 Ribu KasusIlustrasi virus corona (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja).

Adapun langkah memutus sebaran COVID-19 adalah dengan menerapkan protokol kesehatan. Meliputi menjaga kesehatan dan meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu menggunakan masker ketika bersama orang lain dan selama di luar rumah, juga menjaga jarak serta menghindari kerumunan.

“Paling penting adalah tidak bepergian keluar daerah, khususnya daerah yang masih terpapar virus corona,” pungkasnya.

Pemerintah melalui Satuan Tugas Penanganan COVID-19, menggelar kampanye 3 M : Gunakan Masker, Menghindari Kerumunan atau jaga jarak fisik dan rajin Mencuci tangan dengan air sabun yang mengalir. Jika protokol kesehatan ini dilakukan dengan disiplin, diharapkan dapat memutus mata rantai penularan virus. Menjalankan gaya hidup 3 M, akan melindungi diri sendiri dan orang di sekitar kita. Ikuti informasi penting dan terkini soal COVID-19 di situs covid19.go.id dan IDN Times.

Baca Juga: Empat ASN di Kaltim Disanksi karena Melanggar Netralitas Pilkada

Topik:

  • Anjas Pratama

Berita Terkini Lainnya